Captain's Talk

Rontoknya Selusin Alien dari EXO Planet

EXO

Bacotan lain dari Len si Bocah Tengil mengenai boyben besutan SM yang kini membernya makin sedikit aja.

                Err, sebelumnya tulisan ini mungkin akan membawa rasa nostalgia dan baper. Jika anda adalah orang dengan kokoro’s strength yang setipis tisu toilet, siapin aja kokoro kalian. Ane gak mau pusing-pusing sama mereka fans fanatik yang ‘apa-banget’, hohoho.

 

Ngomongin EXO, tentu semua tau sekumpulan―tepatnya selusin―manusia berjenis kelamin laki-laki yang dijadiin satu dalam sebuah grup lipsync nyanyi sambil joget bentukan SM Entertainment. Ini fakta tak terbantahkan.

Menengok ke belakang sebentar, masih anget di pikiran ane waktu pertama kali tau EXO dari teaser mereka. Entah itu video atau foto. Dan kesan pertama ane ke EXO waktu itu adalah… they look weird. Seriously weird. Omg, they’re weird! Yap, kata ‘aneh’ adalah kosakata yang sering ane lontarin tiap liat teaser mereka, apalagi yang foto. Gak menampik kalo di saat yang bersamaan, ane juga amaze sama dance mereka di video teaser.

Terus waktu debut. Debut mereka terbilang hebring untuk boygroup jebolan esem. Ayolah, kpopers juga tau kalo esem itu agensi yang pelit keluar duit (apalagi kpopers tua, pasti udah faham betul ama agensi satu ini). Dengan teaser bejibun dan promosi gede-gedean, as expected, EXO booming. Ta-pi, tapi… mereka juga penuh kontroversi. Siapa sih yang gak lupa ama perseteruan sama pendahulu-pendahulu di dunia per-kpop-an ini? Apalagi sama grup yang juga punya banyak anggota dan satu agensi. Yah, meski bisa dibilang fans mereka yang sering bikin api.lol.

Well, sedikit info aja. Ane dapetnya dari guru ane yang pernah sekolah di Korea dan punya temen jurnalis di sana. Awal EXO debut, Cassiopeiakaum minoritas(?) elit dari grup TVXQ, kabarnya udah merangsek ke dorm EXO dan menuliskan kata-kata sejenis “Mampus aja lo!” di tembok dorm. Bukan apa-apa, ane sendiri tau kalo Cassiopeia sebagai biggest fandom dan udah senior banget ini gak bakal begitu kalo keadaan setenang, sesunyi hati lu yang jomblo. Cassie tend to be calm. They’re mature.

Tapi kali ini nggak. Cassie ngamuk karena ulah EXO sendiri. Mereka menganggap EXO yang masih baru brojol itu sombong ama TVXQ yang udah senior. Soalnya EXO bilang, “Kami akan melampaui TVXQ sunbaenim.”. Well, ane gak akan bilang itu benar atau salah karena relatif. I mean, bagus ‘kan, mereka punya semangat api macem Naruto kayak gitu, mereka pengen jadi lebih baik dari senior mereka.

But once again, we talk about Kpop. Dimana idol bobo cantik bisa dipermasalahin. Dan juga senioritas. Posisi EXO yang baru brojol tapi udah bilang begitu buat ane juga gak jauh beda ama anak kemarin sore yang belum bisa ganti popok tapi songongnya udah tingkat dewa. EXO juga salah. Jadi kalo mereka dapet perlakuan seperti itu, wajar. Mereka pantas. /dihajar/

Tapi bukan ini yang jadi topik tulisan ane.

Jadi mari kita beralih haluan.

So, mari kita anggap EXO debut dengan lancar (abaikan segala konflik fandom). Dan di tahun 2012 dimana mereka masih seumur jagung, mereka udah berhasil menyabet penghargaan tertinggi di GDA. Prestasi yang patut diacungi jempol. Dan ane memantapkan hati ini untuk berlabuh ke seorang Kris, menyematkan gelar bias ke doi.

2014.01.16 경희대 평화의전당=특별취재팀   제 28회 골든디스크 시상식이 16일 오후 경희대학교 평화의 전당에서 성황리에 열렸다.  음반대상을 차지한 EXO[엑소]가 트로피를 들고 환호하고 있다.

 

Tapi…. Lagi-lagi tapi, semua itu gak berjalan mulus.

Mei 2013. Masih anget di ingetan ane, waktu itu ane lagi persiapan buat lomba debat bahasa Inggris di pendopo kabupaten deket GOR bareng guru-guru dan temen-temen satu tim. Kemudian curi-curi kesempatan ngintip TL dan… voila! ‘Kris Melayangkan Gugatan Ke SM Entertainment’.

Kaget? Iya sih, kaget. Tapi gak kaget banget sampe ane harus banting laptop, atau teriak-teriak histeris dengan airmata bercucuran, atau langsung cakar-cakar tembok, dan hal-hal sinting lainnya. Nggak. Ane tetep calm, tenang macem pangeran ningrat dari era Joseon. Dan cuma bilang dalem ati, “Oh. Sudah kuduga.”

Apa? Sudah kuduga? Ya, ane sendiri udah menduganya. Kalo kita flashback lagi, tentu masih inget akan rumor hengkangnya (mantan) leader EXO-M itu. Ditambah naga burik itu yang suka ngacir nemuin emaknya padahal jadwal EXO lagi padet-padetnya. Waktu itu berbagai macam spekulasi muncul, ‘kan? Tapi berhasil teredam setelah liat EXO yang fine-fine aja dengan comeback MID dan EXO’s Showtime.

Bahkan ane ama temen-temen kpopers satu sekolah udah main tebak-tebakan, “Siapa yang bakal sent lawsuit duluan dari member EXO hayo?”. Dan kita semua sama jawabnya, Kris. Wu Yifan. Tiang listrik. Naga burik. Gigi tonggos.

But nothing last forever. Sama kayak keadaan yang fine-fine ini. Kenyataannya Yifan udah ngegugat esem. Beberapa hari doang sebelum konser tunggal EXO yang pertama! (lalu perang fandom pecah lagi karena seniornya, f(x) yang debut duluan kagak dapet konser).

Reaksi waktu itu? CHAOS EPRIWER!! Kubu pro-kontra-netral segera terbentuk. EXO fans terguncang berat pastinya /karena ane bukan EXO-L jadi ane cukup biasa aja.lol/.

Tapi yang paling ane inget adalah… gimana waktu itu seakan-akan seluruh dunia menyalahkan bapak ane, Wu Yifan /duileh lebay/ Tapi SERIUS! Hampir semua pihak waktu itu menghujat Yifan. Bahkan member EXO sendiri!

Ane gak bisa lupa reaksi berbagai pihak waktu itu. Fans kaget, kecewa, marah. Wajar. Gak ada Sehun gak ada Suho, naga burik kampret itu main terbang aja. Padahal bentar lagi EXO mau konser tunggal. Kurang sialan apa coba naga burik itu?! Wajar pula member EXO pada blingsatan (walau gak keliatan). Mungkin batin mereka pada gini, “Anjir lu, bentar lagi mau konser malah terbang! Diempet dikit napa? Kalo konser udah kelar, lu mau cabut ya cabut aja sono!”.

EXO OT11 untuk yang pertama kali
EXO OT11 untuk yang pertama kali

 

Yang bikin ane kecewa banget itu reaksi Tao yang secara tersirat juga mojokin Yifan. Hell! Oke, ane tau kamu kecewa, kokoro kamu juga sakit pake banget kuadrat. Tapi ane gak nyangka, elu, Huang Zitao, orang yang dari jaman pre-debut udah nempel mulu ama naga burik itu, yang ngeklaim Yifan jadi abang lu, segitu dinginnya, segitu teganya ama Yifan. (liat Happy Camp)

Beneran, ane gak nyangka lu yang begitu ama Yifan jadi egois banget. Ane pikir lu yang udah deket banget ama Yifan, adek-kakakan ama Yifan, bakal ngerti walau seupil ama keputusan Yifan. Nyatanya nggak. Atau mungkin lu sakit pake banget kuadrat di dalem ati sana tapi lu tutupin sama perilaku lu yang begitu. Entahlah. Yang pasti ane kecewa banget.

Waktu berjalan, dan meski proses sidangnya belum kelar sampe saat artikel ini ane tulis, udah positif kalo Yifan bukan bagian dari EXO lagi.

Di titik ini, nggak, sejak Yifan ngirim gugatan, ane udah bener-bener lost interest ke EXO. Gak bersisa sama sekali. Sekarang kalo liat EXO cuma, “Oh ya, EXO.” Udah gitu aja.

Dari dulu ane aware kalo dunia entertain, idol lebih spesifiknya, itu adalah dunia yang full of bullshit. Fake world. Tapi kasus Yifan ngebuat ane lebih tersadarkan lagi.

Kalo liat interaksi mereka selama ini, terus liat momen-momen di EXO’s Showtime, kemudian kejadian ini. Wow, kentara sekali betapa masih tipisnya ikatan mereka. Cuma bisa senyum kecut aja.

Yang namanya reality show itu nggak bener-bener real. Yang keluar dari mulut idol itu gak bisa dipercaya sepenuhnya. Mereka idol. Mereka dibentuk, image mereka dibuat sedemikian rupa, mereka harus apa dan gimana semua udah ada transkripnya. Face it.

Fix. Ane udah gak begitu tertarik sama EXO. Gak sehebring dulu.

Buat Yifan, I’ll be your side no matter what your decision is. Ane nggak berhak ngatur-ngatur kamu, maksa-maksa kamu, mendikte kamu, atau sewot sama kamu. Ane fan dan kamu idol. Kita saling tau juga nggak. Jadi ane gak mau ikut campur sama masalahmu.

Ane cuma orang luar, cuma bisa liat kasus ini dari sisi yang terbatas. Kalopun ane berusaha menempatkan diri di posisimu, ane juga gak yakin bisa faham. Apapun keputusanmu, ane hormati /ngefek ke ane juga nggak, wkwkwkwk/.

.

                Belum selesai masalah Yifan, beberapa bulan setelahnya giliran Luhan yang ngirim gugatan ke esem. Luhan, biasnya Dini nuna.

Waktu tau berita ini, ane, Asri nuna, ama Chikin nuna malah seneng, ber–yeah-yeah-yeah-yeah, octopus dance gorilla dance.lol. Keliatan kejem? Biarin. Wkwkwkwk. Malahan kita, juga temen-temen yang lain main tebak-tebakan lagi, “Abis Luhan siapa hayo? Chinese member bakalan rontok lagi nggak ya?” Hoahahahaha. /WOI/

Beside, ane gak terlalu kaget atau bahkan bisa nebak soalnya ane sempet baca artikel tulisan C-fans yang udah di translate ke bahasa Inggris yang isinya juga spekulasi kalo Luhan bakal hengkang dari EXO. Cepat atau lambat.

Karena sejak kasus Yifan ane udah peduli setan ama EXO, jadi waktu kasus Luhan ane masih biasa aja. Cuma yang menarik perhatian ane kali ini adalah, lagi-lagi reaksi dari berbagai pihak.

Kalo waktu kasus Yifan, si Yifan banyak menerima kontra dan hujatan, kali ini waktu kasus Luhan semuanya keliatan lebih legowo. Lebih nrimo. Lebih “okelah, gapapa”, lebih bisa let it go. Bahkan Lay menyampaikan kelegowoannya juga pesan-pesannya ke Luhan lewat Weibo.

Hey! This is not fair! Terserah kalian bilang ane terlalu bias ke Yifan atau gimana, tapi menurut ane ini tetep gak adil!

Yifan ama Luhan sama-sama member EXO. Mereka kabur juga karena alasan yang hampir sama. Terus kenapa reaksinya begitu kontras? Heol, it makes me sick!

Kenapa? Kenapa begitu beda? Apa karena Luhan udah menyelesaikan kewajibannya a.k.a Konser TLP? Apa karena Luhan sakit terus dengan muka pucetnya dia bilang “Aku gak apa-apa”? Anjaaaaaaayyyyy… aku rapopo dari mana woy?! Aku rapopo ndiasmu!

Rasanya… gak adil aja gitu. Waktu Yifan ngalamin masa kayak gini doi kayak berdiri sendiri. Semua mojokin dia, ninggalin dia. Sedangkan Luhan malah dapet support (menurut pov ane). Haha. Ane cukup ketawa aja liatnya. Kok bedanya keliatan jelas banget ya? Seakan-akan Yifan itu member yang gak dianggep; lu mau keluar ya keluar aja, kita ga urus. Tapi sialan lu, keluar pas kita mau konser. But Luhan? ‘Hyung, moga lu baek-baek aja, moga kita bisa sepanggung lagi’, dan bla bla bla.

Ada yang ngerasain perbedaan itu? Atau cuma ane aja?

Dan sekali lagi, kasus ini membuktikan kalo slogan “We are one!” itu bullshit.

 

Call Me Baby jadi comeback pertama EXO tanpa Luhan. Juga Kris.
Call Me Baby jadi comeback pertama EXO tanpa Luhan. Juga Kris.

.

                Yifan out, Luhan out. And I’ve lost a lot of interest in EXO. Udah gak ada minat lagi ke boiben satu itu. Tapi bukan berarti ane jadi apatis ke EXO. Kabar-kabar soal EXO pun idol lain ane masih tau. Cuma sekedar tau dan ah-oh aja.

Waktu EXO comeback Call Me Baby juga ane gak antusias. Sama sekali. Malah pas mereka comeback CMB ane malah asyik nostalgia ama ngebaper nonton Overdose. Meratapi dua member Cina yang ngilang balik ke kampung. Yah, buatan Cina biasanya gak awet.lol

Berita-berita soal beberapa member EXO yang cedera―gak pake brenti, bikin ane gemes juga sama esem. Ini bukan kali pertama esem berlagak mengabaikan cidera artis-artisnya. Buat di EXO, ane prihatin ama Kai, Yixing, Tao yang sering jadi korban cidera.

Then time flies dan kesibukan dunia nyata cukup menyita porsi maen ane di dunia maya. Selain itu, anime juga menyedot ane masuk ke dalamnya.

Dan…

Giliran Tao yang digosipin keluar. And I don’t really give a damn about it.

Awalnya cuma semacam excuse buat recovery cidera. Tapi terus bapaknya Tao angkat bicara. Beliau pengen anaknya rehat dari dunia idol dan fokus ke pemulihan cidera. Tapi menurut kabar, Tao rada gak rela gitu buat ninggalin EXO.

EXO is his dream. Being an idol is his dream. This is something that he wanted about. Tapi meski tampangnya Tao itu angker, tapi doi dalam hati tetep soft. Doi gak bisa nolak permintaan bapaknya. Dan akhirnya, Tao nurut ama bapaknya. Terakhir yang ane tau, doi ada di Amerika. Gak tau lagi pemulihan apa lagi liburan. Peduli setan.

Nasib Tao-pun makin gak jelas. Mungkin gak jauh beda ama status hubungan kamu sama di doi.

Sampai pada berita dimana album EXODUS Tao Ver. brenti diproduksi ama esem.

EXO-L blingsatannya kumat. Sementara esem juga gak angkat bicara soal ini.

Status Tao di EXO makin gak jelas dan EXO lanjut buat promosi dan beraktivitas dengan sembilan member. Ahelah, kagak kerasa ya… belum ada lima taun debut, member udah rontok tiga.

Terakhir, kemaren pada heboh masalah nama Tao yang gak ada di laman resmi facebook EXO-M. Buruan ane meluncur ke laman resmi itu.

Nggak.

Berita itu nggak bener. Nama Tao masih ada. Luhan juga. Yang gak ada itu Yifan. Well, sorry gak bisa kasih screenshot soalnya hape ane hape jadul. Dan terlalu males buat buka facebook di laptop cuma buat nge-screenshot begituan. Lebih suka meluncur ke wordpress, fanfiction.net, dan hal-hal (yang menurut kebanyakan orang) gak guna.lol.

Udah deh, jangan ngarep Tao balik. Kemungkinannya kecil banget. Banget banget.

Dan kemaren apa? Yang katanya sakit, yang katanya mau belajar ke LA eeehhh malah bisa rilis album. Hwhwhwhw. Mau lu gimana heh?

Terus apa pula itu kau tulis lirik macam begitu?! Oh please, itu liriknya nyindir EXO (plus SM) banget ‘kan yah? Meski kita gak tau itu beneran buat nyindir apa kagak, tapi tetep aja liriknya berasa nyindir, mencerminkan kacang lupa ama kulitnya. /digebukin/

And here we go, reaksi netizen sama albumnya Tao sungguh bikin ane ngakak nista bin kejem! Ya ampun, imo, reaksi netizen ke debutnya Tao ini lebih pecah dibandingin sama reaksi mereka waktu Kris keluar.

Ane baca artikelnya sekali di satu situs, terus baca komen-komennya. Terus baca komen-komen laen di situs laen. Ane sukanya gitu, hahahaha. Dan itu berlaku waktu kasus Tao ini. Banyak dari kalangan fans yang intinya bilang, “Oke Tao, gue nyerah ama lo. Bye!”. Ya begitulah, they lost their respect for Tao, maybe?

Fuwa fuwa fuwa fuwa, rasanya pengen ngakak pake toa! Hayoloh, kemaren siapa yaaa yang neriakin mantan leader-nya itu ‘pengkhianat’, ‘betrayer’? Eh tapi kok sekarang kelakuannya gak jauh beda ama pengkhianat ya? Khukhukhu.

Yaaa, anyway, semoga sukses aja buat Tao ama solo karirnya. Moga-moga bisa sama-sama bersinarnya macam dua pendahulu kau yang sudah lebih dulu pergi dari EXO ya? Dan buat tiga bocah dari negeri korden bambu yang suka bikin baper kalo diinget-inget, may my best wishes be with you. Caio, gege!

EXO kini. Dari selusin jadi sembilan
EXO kini. Dari selusin jadi sembilan

EXO, EXO. Belum ade lima taun debut member dari selusin rontok jadi sembilan. Mana yang rontok member Cina semua. Oh ya, abis ini Yixing mau nyusul sodara-sodara setanah airnya kagak? Kalo nyusul bakal lebih rame lagi nih. Ayo, keluar aja /dibejek/

I don’t believe in “We Are One” anymore. Or in other word, I don’t believe in idol’s words anymore. Semua momen dan ikatan mereka itu kayak fake.

Gak heran juga sih. Kita semua tau kalo Suho itu member yang masa traineenya paling lama. Terus member-member lain nyusul, dan yang terakhir masuk itu Chen ama Baekhyun (koreksi ane kalo salah). Jadi kalo digambar, Suho itu dateng paling awal, trus member-member lain masuk, terakhir masuk itu Chen ama Baek Hyun, terus mereka debut sebagai EXO. Dengan waktu trainee yang beda jauh antar membernya, ane yakin kalo mereka belum begitu nyatu satu sama lain. Celah awkward di antara mereka masih banyak. Teamwork mereka juga belum begitu mateng tapi berhasil dipoles dengan apik ama esem. Lihat aja tuh EXO’s Showtime.

Bener kan? Bayangin aja lu dalam sebuah kelompok kerja, lu udah kenal beberapa orang, terus setelah lu kerja udah cukup lama lu dikasih project dan tambahan anggota. Pasti awalnya aneh dan kurang sreg di hati. Butuh waktu buat beradaptasi. Singkatnya, masa trainee EXO sebagai GRUP itu AMAT SANGAT KURANG. Ane pikir dengan dua tahun debut (dimana kasus pertama kali keluar), udah (lumayan lebih) bisa nge-blend, tapi kayaknya enggak deh.

Tim EXO itu kurang solid. Coba lihat Team B di program WIN: Who Is Next? –nya YG. Disitu jelas keliatan mereka yang udah di trainee sebagai grup dengan posisi leader yang jelas, teamwork mereka udah keliatan dari awal kemunculan mereka. Aura teamworknya tuh berasa banget. That’s what EXO need. But unfortunately, they didn’t get it.

Yah, apa yang bakal kejadian ke EXO kedepannya ane peduli setan. Mau tiap taun ada member yang sent lawsuit terserah, bodo amat. Tapi ane tetep berharap yang terbaik buat mereka, baik yang masih ada di grup ato mereka yang udah kabur.

Ane cuma mau bilang, “Dudes, you’re not alone. There’ll always be someone, some people who’ll support you all.” 🙂

How about me? Ane? Ane pihak netral aja, hahahaha.

Ja, this bullshit comes to end. Mari saling berbagi opini mengenai masalah ini, dengan kepala dingin dan cara yang baik. Kalo kepalamu gak dingin, celupin dulu ke kakus.lol.

 

p.s: tulisan ini ane buat berdasar pemikiran dan pengamatan ane sendiri. Mungkin bakal keliatan bias ke satu pihak meski ane udah berusaha bersikap netral. Here, I don’t belong in any side.

19 thoughts on “Rontoknya Selusin Alien dari EXO Planet”

  1. dibilang baper, iya lah! tapi aku tetep baca.
    oke sekarang aku lagi di mode off buat kasih komentar baper alay wkwk
    waktu kris keluar, aku kaget, iyalah kaget! lagi seneng-senengnya sama overdose malah ada berita gituan. berhubung aku orangnya cuek jadinya aku gak terlalu peduli dan cuma bahas itu sama temen pake kepala dingin (yang kadang juga memanas wkwk) oke, dia keluar. aku baru ngerasain sakitnya waktu liat happy camp, pada nangis oh yaampun. tapi pas liat sehun mukanya gitu doang -__- dia yang udah gak bisa ngomong apa apa karna lelah atau dia yang gak bisa bohong, entah, aku gak tau.
    lalu luhan. iya len, aku bingung berat kenapa perbedaan respon beda banget di sini. bahkan yixing ngedukung luhan. aku gak ngerti. yang aku pikirin justru ‘yah kapel sehun ilang’.
    waktu berjalan dan aku bisa liat gimana deketnya sehun dan tao (mungkin karena mereka sama-sama pihak yang ditinggal/plak!) aku seneng mereka bisa mup on haha tapi tau-tau tao gak nongol di show, dan gak balik-balik, tau-tau aja ada berita ayah gak setuju dan berakhir dengan kambeknya tao. kambek sendiri. bawain lagu-lagu menyindir. duh, bener len, aku sempet kesel karena tao sendiri yang dulu ngatain kris ini itu. (dan akhirnya sehun sendiri lagi, gak papa ada aku kok)
    yang gak aku suka di sini mereka jadi unfollow di ig. apaan?? yaampun teman gak kek gitu kalik.. tapi yah, aku mau treak kek gimana juga mereka gak denger. jadi mending diem aja. lelah haha
    eh, btw len cowok? manggil temen-temennya noona kan? apa itu panggilan yang disengaja (?) wkwk

    Like

    1. Hei, kamu suka kapel-kapel begitu? Coba mampir ke fanfiksi aku yang ‘Kebimbangan Para Fujoshi’ /promo/ bhak/ xD
      Iya, aku juga begitu. Ahhh, ekso ekso. Legend dikau nak karena skandal.
      Nah itu, kenapa pula saling unfoll? I doubt their friendshi(t)p :p
      Cowok apa cewek hayo? 😀

      Liked by 1 person

      1. iya len, kapan-kapan kalo sempet tapi ya haha soalnya bisa on cuma pagi doang, siang sampe sore sekolah dan malem, tau sendiri lah -__-
        iya emang, skandalnya brjibun, mana ada berita date segala duuuuuuuuh
        nah itu len yang sampe saat ini aku pertanyakan (haha alay) harusnya kalau udah sahabatan gak sampe lah tega unfoll segala (ya aku gak tau sih itu disruh apa enggak)

        awalnya sih ngira len tu cowok, tapi sempet ngira len cewek, tapi lagi bimbang kalo len cowok
        jadi intinya aku gak tau haha

        Like

      2. Iya nih, kalo diliat-liat kamu seringnya on tuh pas pagi. Jam lima-an gitu
        Malem udah tepar :p
        Yah, siapa tau dalam hati mereka masih saling pollow /eaaa/
        Hahaha, nggak usah dipikirin. Len masih manusia, absurd pula 😀

        Liked by 1 person

      3. iyaaaaap, soalnya lelah len lelaaaaah *apasih -__-
        mungkin sih wkwk
        nah, kok? yaudah deh, iyain aja, kapan-kapan kalo aku tanya lagi len bakal jawab gak?

        Like

  2. dan akhirnya ada juga orang yang sependapat dengan wa.
    hell yea. benci banget waktu orang orang malah support luhan keluar but they’ve judge kris before. man, pikiran kris lebih dewasa dari kita. dia tau baik buruk buat dirinya. kalo gak dewasa dia gak akan dijadiin leader exo-m. kalo menurut kris exo bukan hal yang baik buat dirinya, dia bakal ninggalin sesuatu yang bikin dia gak nyaman. dan wa juga pake prinsip itu. sekiranya gak nyaman, buat apa si dipertahanin?
    and then tao’s lawsuit.
    menurut wa sih, dia gak sepenuhnya salah. kalo perintah orang tua dibantah juga dosa. gak akan barokah kesananya. yang salah itu, pikirannya yang masih childish. seharusnya dia gak berkomentar apapun yang buruk tentang kris mengingat mereka itu akrab banget. he’s not truly considered as a family, even a friend, kalo ternyata dia masih gak nerima keputusan kris.
    oke sekian. niatnya mau ngerusuh ke blog len eh malah baper baperan. ezeh. apasi ayas.

    thanks for the visit!ヽ(^。^)ノ

    Like

    1. NAH ‘KAN!! SUSAH YA NEMUIN ORANG YANG SEPEMIKIRAN GINI? XD
      Len idem aja deh ama semua hal yg Ay komen /what? ay? XD /
      Apalagi kemaren ‘kan Tao macem nyesel gitu udah ngomong begituan ke Kris. Nyaho kagak lu!
      Don’t mind! Mari kita sering ngerusuh XD

      Like

  3. Kris out, Lu Han out, Tao out…. eum gak terlalu kerasa. Mungkin tindakan bodoh saya waktu Kris out XD

    Kak Len ini ngajak orang buat flashback. EUm ya, flashback.

    Setelah Lu Han out, ada orang yang dulunya itu fans nya kris, ngekritik apa yang kakak kritik juga. Kenapa Kris waktu out, itu banyak yang berkomentar negatif, sementara Lu Han?
    “Okey, nggak papa keluar, baik-baik aja ya.” “Kami tetep dukung kamu” dan sebagainya. Dari situ saya juga kehilangan kehebohan saya sama EXO. Yah EXO lagi lagi EXO dan terakhir TAO. Makin hilang ….

    Eum yah … leave lagi leave lagi. Sampe pernah mikir. Overdose, Kris sama luhan, CMB = tao, selanjutnya siapa ya yang leave? Apa Yixing? Eum nggak tahu. Tapi sempet berpikir OT 8, tapi nggak mikir itu lagi.

    Cuman ya waktu mereka leave ada rasa kecewa. Hem ya kecewa…. sampe sekarang, cuman yah itu EXO saya suka lagu dan tingkah konyol mereka. Iya itu EXO dengan prestasi dan kontroversinya.

    Sampai akhirnya, saya cuman suka sama karya mereka. Kris, Lu Han , Tao dan EXO. Saya menutup mata sebelah dan hanya melihat karya mereka dan memakai nama mereka dalam karakter di fanfiction.

    *Sekian komentar saya, enggak enak kalau enggak ninggalin jejak …

    Liked by 1 person

    1. Ane cuma ngajak flashback lho ya, bukan ngajakin baper berjamaah XD
      Udah deh, sejak Kris out ane udah kehilangan minat sama EXO. Meski udah tahu kalo dunia idol itu penuh skenario, tapi tetep aja waktu Kris out masih belum bisa nerima. Dan sejak Kris out, I don’t believe in them (idol) as much as before.
      .
      Semoga nggak ada yang keluar lagi, kkk.
      Sampe sekarang nggak tahu kenapa ane suka baper kalo liat mereka yang masih OT12. Kayak kemarin liat perform mereka di konser apaan gitu, mereka perform Growl, Mirotic, Sorry Sorry. Udah deh, baper. Mulai berandai-andai “Seandainya EXO utuh sampe sekarang…” fvck! -_-
      .
      Sekarang ane tahunya kalo Kris udah SUKSES KERAS SEJAK KELUAR DARI EKSO /caps jebol/. Dia udah bisa photoshoot bareng Kendall Jenner, film udah lumayan banyak, punya patung lilin di HK, nerima award di Cina sana, maen bareng NBA’s Legend di NBA All-Star, jadi runway-model Burberry, dan terakhir… KRIS MAEN FILM BARENG VINN DIESEL! ;A;
      Luhan lumayan lah. Ini feeling ane aja atau emang Tao kurang bersinar ya? XD

      Like

      1. Hahah iya kak, saya juga tahu. Flashback bukan baper XD ngomong ngomong baper, baper itu BAkwan lemPER lho XD

        Eum iya kadang nyut-nyut kalau liat foto OT12, tapi yaudahlah, itu udah takdir. EUm takdir atau emang di buat sedemikian rupa XD

        Dan saya juga sneng, KERIS EH KRIS SUKSES!!!! Ya walaupun nggak terlalu kepoin dia, tapi saya tahu beberapa informasi tentang dia. Pokoknya, saya sneeng di sukes. Kalau Lu Han eum ya, dia lumayan. Kalau TAO, entahlahh… mungkin bukan cumn perasaan kakak, XD

        Tapi tetap sayang mereka 12 dengan kadar yang berbeda 😀

        Liked by 1 person

      2. Bukan, baper itu kalo kita lagi nonton video di utube itu suka baper kan? Nunggu lamaaaaa gitu XD
        Apalagi ane yang udah merasakan grup favorit rontok mulu membernya /lirik DBSK ama Suju/
        Well, kita nggak tahu itu takdir atau settingan /smirk/
        Pokoknya ane anak OT12 stan. Kedengeran delusi emang, tapi ane emang suka banget ekso pas ber-12.
        .
        Btw kamu pake ‘saya’ berasa kaku banget XD

        Liked by 1 person

      3. Nunggu lama? Lola???

        Pasti kakak sering ngebaper ya? Soal DBSK sama Suju? Hayooo ….???

        Emang kak,keliatan delusi, tapi ya, semua orangkan punya pemikiran sendiri sendiri … heheheh

        Eum ya, kalau itu saya lagi kumat XD Pasti keliatan kaku hehehe

        Liked by 1 person

  4. BARU NEMU BLOG INI DAN AKU KEMUDIAN BAPER, WELAH WELAH
    *maaf

    Pas berita Kris keluar aku baru berangkat sekolah, terus temenku teriak pas nyampe kelas “WOI WOI, KRIS KELUAR WOI”, awalnya aku teriak hebring, kemudian aku bilang “Oh ya udah sih terserah, bukan siapa-siapaku juga. Manut lah mau apa dia”
    Dan reaksi ini selalu kukeluarkan setiap denger skandal atau berita yang sedikit miring tentang idol, teriak lalu bilang terserah, wkwk, nyampe sekarang.
    Mix feeling banget awalnya tiap denger berita law suitnya EXO, hingga akhirnya sama seperti len aku kehilangan sedikit ketertarikan sama EXO, tapi tetep ngikutin. Lalu mulai membagi hati pada adeknya EXO yang ganteng-ganteng, wkwkw.

    Bingung mau komen apa lagi, intinya aku sih mendukung yang terbaik buat semuanya. Mau buat EXO, buat Kris, Luhan, Tao, bahkan SM WYATB aja.

    Thanks~! Bye XD

    Liked by 1 person

    1. Astaga Zee(?) /daku harus manggil kau apa, Nak? Ini kenapa ane jadi semacem nyebut merk susu gini? XD /digeplak/
      Kok dirimu bisa nemu blog acakadut(?) begini ceritana gimana coba? Aih, jadi malu /elah!/
      Yaaaa siapa seh yang nggak kegoda ama NCT? :v
      Kita-kita udah kenyang lawsuit ampe terbiasa noh XD
      Besok-besok mampir lagi ya? XD

      Like

      1. panggil begitu juga ga apa, wkwk. ^^
        lagi baca di blog lain, terus kepincut the man who can’t move, terus kepengen tau siapa yang nulis, terus mampir ke warung (?) penuliss, hehehe
        siap siap, besok ane mampir lagi, mumumu.
        see yaaa ~

        Liked by 1 person

Speak up now!

