Captain's Review

[REVIEW/MV] EXO Monster

cover

 

 

Kemaren liat di gugel, MV Monster rilis jam 12AM KST tanggal 9 Juni. Tapi apa?! Waktu pagi hari dimana ane mulai menikmati jatah libur dengan makan pagi sambil browsing, ane dikejutkan oleh satu berita dari Nida yang intinya “MV-NYA UDAH RILIS!”. Dan ane langsung bilang “WHAT THE HELL?!” tanpa malu-malu dan untungnya nasi di mulut udah ketelen semua. Pas buka gugel, berita itu bukanlah mitos. Setelah ane itung jamnya, ni MV rilis tepat tengah malam kalo di Indo. Pas banget waktu ane lagi bobok kece gegara mati lampu dari jam tujuh.

Ingin diri ini kabur ke warnet atau maen kemana gitu nyari wi-fi gratis. Ya maklum lah, fakir wi-fi mah gini. Tapi ada beberapa kerjaan rumah yang belom beres ditambah ane belum minta restu sama emak buat keluar. Oke, ane mencoba buat bersabar. Buat mengalihkan fokus ane, ane mulai bersih-bersih rumah sambil nonton berita di tivi yang shiyalnya, beritanya itu-itu mulu dan acara-acara lainnya nggak menggugah selera.

Lebih shiyal lagi adalah waktu ane udah dua kali bolak-balik ke warnet deket rumah tapi tempatnya PENUH terus! Yakali ane mau melas-melas ama pengunjung laen biar mereka cepet-cepet pulang soalnya sini mau dunlut MV ama album. Itu nggak elit banget sumpah. Jadilah ane balik lagi ke rumah dan tanpa terasa hari udah menjelang sore.

Rasanya hari libur ane bakal rusak dalam sekejap. Pertama, karena warnetnya penuh terus. Kedua, karena ane gagal hang-out ama sohib ane yang baru balik dari Bandung. Mulai putus asa, ane tengkurep di kasur lantai depan tivi, pintu dibuka lebar, dan tatapan ane kosong ke langit yang mulai mendung di atas. Jangan ujan plis, doa ane waktu itu. Nggak lama kemudian, emak ane yang balik ke rumah keliatan dan langsung nyuruh ane buat masak nasi dan beli lauk.

Ya ampun Mak, nggak liat anakmu ini lagi mental breakdown?

Beruntung ane udah masak nasi, jadi ane nggak perlu bangun dan ribet kemudian. Terus ane tanya ke Emak, “Ma, aku ke warnet ya?”. Mungkin karena melas liat anaknya, Emak ane iya-in aja permintaan ane dengan catatan semua kerjaan rumah udah beres. OH, UDAH PASTI LAH MAK! Ane udah nyapu rumah, nyuci baju, masak nasi, pokoknya semuanya udah keurus. Selesai beli lauk, ane langsung cabut ke warnet.

Dan pas liat ada satu bilik yang kosong, ane langsung ngebatin, “INI PASTI KONSPIRASI! PASTI!” Kenapa kosongnya nggak dari tadi? Apa karena ane belum masak nasi? Apa karena ane belum minta restu Emak? Hmmm, restu seorang emak emang keramat. Bahkan ampe hal spazzing aja kalo belum dapet restunya Emak, kagak mulus jalannya.

Jadi meski hari udah sore banget, ane tetep nekat ke warnet. Langsung deh meluncur ke salah satu situs dunlutan buat dunlut MV Monster. Berkat restu Emak dan hari yang sore dimana udah masuk waktu ngabuburit, warnet terbilang sepi dan kecepatan dunlut waktu itu sungguh warbyasah! Dalam waktu satu setengah jam, ane udah dapetin keempat MV EXO, HD pula, plus album mereka, baik itu versi Korea maupun Tiongkok.

Waktu ane nekat ngintip MV Monster di warnet, ane harus nahan diri supaya nggak teriak. Kurang lebih kayak Kyungsoo ini.

Internal screaming
Internal screaming

Oke, saatnya pulang dan menikmati hasil buruan dengan khidmat-khusyuk dan syahdu di rumah. Pas dibilangin Emak kalo pulang maghrib pas bulan puasa itu kurang etis, ane cuma bisa nyengir kuda XD

 

 

I’m gonna review the Korean version of the MV. Soalnya nggak terlalu banyak perbedaan sama versi Mandarin-nya, kecuali bahasa dan sudut pengambilan gambar di beberapa scene.

 

MV dibuka sama musik intro dan dance yang udah bisa bikin ane amazed di awal-awal. The scene gives me a good vibe. Oke, bolehlah. Ini nggak mengecewakan. Pas Baekhyun nyanyi di awal, ane beneran tereak. Te-re-ak-be-ne-ran. Ya ampun, ini musiknya aja dari awal udah nyetrum gini gimana kalo diterusin?! Tapi tereakan ane langsung berubah jadi bisu dan ane jawdrop begitu liat Baekhyun yang pake piercing dan rantai-rantai gitu O_O Terus kenapa harus ada ular di sana? Apa ini buat menambah kesan dark di MV ini?

baeki

baeki2

Kemudian Kyungsoo nongol dengan tampang lempeng-tanpa-dosa miliknya ditambah suaranya yang khas. Dia nggak sadar apa ada berapa banyak manusia di luar sana yang bisa mati di tempat gegara dia akting sok kece gitu?! /gak gitu juga Len/

Kyungsoo y u so tempting?!
Kyungsoo y u so tempting?!
Enaknya tiga mantan ditaroh dimana ya?
Enaknya tiga mantan ditaroh dimana ya?

Formasi dance setelahnya, di detik 00:26, lagi-lagi ngebuat ane tersepona. Apalagi gerakannya pas Kyungsoo nyanyi “…yeah, yeah…” dan gerakan sesudahnya yang begitu eye-catching! Tapi lagi-lagi, kenapa ane harus berandai-andai mikirin gimana jadinya formasi ini kalo EXO masih OT12? -____- Yifan, Luhan, Tao mau ditaroh di mana? Dan seketika ane berlagak jadi koreografer ama sutradara; nunjuk-nunjuk layar sambil bilang “Yifan di sini nih enaknya. Kalo Tao di sini aja. Nah, Luhan pasnya di sini. Iya, gini. Eh, nggak ding. Kurang pas.”

Sekarang ane baru memahami, kenapa ada kaum yang menyebut kalo bayangan mantan itu lebih nyeremin daripada hantu :”)

Di detik 00:33, adegan menampilkan para member EXO yang ada di dalem mobil macem bocah-bocah tawuran yang berhasil diringkus ama polisi XD Tapi kemudian ane bertanya-tanya, “Kenapa cuma ada tujuh member?”. Coba deh itung. Cuma ada tujuh kan? Yixing, Sehun, Chanyeol, Kyungsoo, Suho, Jongin, dan Jongdae yang ampir nggak keliatan. Lalu dimanakah Minseok ama Cabe Jalapeno itu?!

d0253
Cuma ada tujuh kan?
Too much pomade on Minseok's hair
Too much pomade on Minseok’s hair

Baru aja dicariin, Minseok muncul sebagai center di adegan selanjutnya. Tapi PLIS! RAMBUT KLIMISNYA MINSEOK ITU GANGGU BANGET SUMPAH! Lu pake pomade berapa wadah, Bang?! Lagi-lagi ane dibuat terbuai sama formasi dance mereka. Dan hampir nggak nyadar kalo di sini, membernya cuma ada delapan. Itung aja kalo nggak percaya. Kayaknya kali ini bang Yixing yang ngilang deh ._.

Munculnya jam putih yang geraknya melawan gravitasi dan arah jarumnya yang berlawanan dari jam-jam di dunia ngebuat ane bertanya-tanya kira-kira apa maksudnya? Apa ini menggambarkan alur mundur dari MV ini? Hm, simpan pertanyaan ini dulu.

Lihat arah jarum jamnya
Lihat arah jarum jamnya

Selanjutnya Jongdae keliatan jelas dan mencolok sekali. Terlebih pas dia ngelawan arus para pembuat cireng berboraks. Satu pikiran nggak penting kembali menyelinap, “Kenapa orang-orang itu harus dimozaik gitu sih?! Apa mereka berlumur muntah atau gimana? Apa ini biar Jongdae bisa dibedakan? Nggak usah pake mozaik kan udah bisa dibedain kan?”

d043

Pas musik udah mencapai reff… OKESIP, INI LAGU NYETRUM PARAH! GILAK! GILAK! GILAK! ESEM EMANG EDYAN! EXO KAMVRET! Dan kalian nggak salah pas kalian nyanyi “I’m creeping in your heart, babe” karena emang gitu kenyataannya!

Gerakan kaki di detik 00:50 juga kece. Tapi sayangnya, di sini Chanyeol ngerusak kekecean itu. Ada yang notis nggak kalo gerakan kakinya Chanyeol itu nggak sama sama member lainnya? Nggak sinkron banget malah. Yah, mungkin dia habis cidera, ane juga nggak tahu. Atau mungkin Chanyeol sudah lelah dengan semua ini lalu dia mutusin buat jadi member Korea pertama yang out.

Kakinya kagak sinkron weh
Kakinya kagak sinkron weh

Tapi dance mereka masih enak dilihat. Sejauh ini juga ane belum ngerasain kekecewaan ke SM atas pembuatan MV ini. Meskipun ane yakin kalo pengambilan gambar MV ini di set yang mungkin lagi-lagi indoor, nggak tahu kenapa feel-nya tuh beda banget. Dengan konsep yang ciamik dan permainan lightning yang sederhana tapi ngena.

Berikutnya, ane bener-bener berterimakasih sama SM! AIGOOOO, NEOMU NEOMU NEOMU GUMAWO SM-CHINGU UDAH BIKIN YIXING JADI BAD-ASS CEM GINI! Dadah Yixing dengan senyum dimple dan image angelic! Welkam the bad-ass Yixing! XD XD XD

Ishing bad-ass #Penampakan1
Ishing bad-ass #Penampakan1

Scene sehabis Baekhyun nongol memberi kita pencerahan kalo pengambilan gambar juga dilakukan di garasi pesawat ane. Yah, meski ini bisa dibilang indoor, tapi seenggaknya background langit dan pegunungan di belakangnya bisa memberi kesegaran tersendiri. Dan demi apa ane suka banget teknik backlight yang dipake di sini! >.< Terus outfit ala mekanik yang dipake juga.

My fav scene
My fav scene

Sehabis bermain sama siluet dan backlight, selanjutnya langsung disuguhi sama permainan cahaya yang kontras banget sama adegan sebelumnya. Outfit merah-hitam yang dipake para member juga bisa bercampur dengan ciamiknya sama cahaya warna biru di belakang.

no more backlight

Selanjutnya kita bisa lihat beberapa adegan di teaser dimunculkan. MAKASIH LAGI ESEM UDAH NGGAK PHP-IN KITA! Nggak kayak jaman Pathcode dulu yang teaser-nya di tiga benua dan begitu WOW tapi ternyata MV kolmibeibi itu cuma di garasi mobil dan nggak ada sangkut-pautnya sama teasers-nya samsek. MV kolmibeibi itu sungguh traumatis euy.

Pas Junmyeon muncul di menit 01:14, ane kembali ngakak XD Akhirnya, Junmen keliatan kayak lider betulan di scene part-nya ini. HAHAHAHA XD DAN APA JUNMEN HARUS PAKE SMIRK DIKIT SEBELUM DIA PINDAH POSISI?! /table flip/

Attention to Junmen!
Attention to Junmen!

Ulalala, permainan efek selanjutnya bener-bener memanjakan mata. Ditambah suaranya bang Minseok dan… dan… dan… dan… tampangnya yang skfjasfhofheuofheou!

Minseok kadang bahaya. Contohnya kayak gini.
Minseok kadang bahaya. Contohnya kayak gini.
Ishing bad-ass #Penampakan2
Ishing bad-ass #Penampakan2

Lagi-lagi, ada kejutan lain dari Yixing. AMPUUUNNNNN! INI UDAH KEDUA KALINYA DIA TAMPIL SO DAMN BAD-ASS DI MV INI! ;A; ;A; ;A; ;A; Anyway, ane agak salah fokus sama tulisan di jaketnya Ishing. Yang di atas dada sebelah kirinya dia itu. Tulisannya “VON” kan? Setau ane, “von” itu artinya “harapan”. /Yang nonton anime Terror of Resonance alias Zankyou no Teroru pasti tau XD / Mungkin ini artinya para member EXO mencari sebuah harapan atau berusaha menwujudkannya /tsah/.

Dan lagi-lagi, adegan dalam teaser muncul. Di sini ane mulai bisa baca cerita dari MV ini. Tapi nggak tahu emang gini ceritanya apa nggak XD Di gambar di bawah ini nunjukin kalo para member yang cuma berdelapan lagi duduk di meja makan dan mereka keliatan nunggu Baekhyun. Keliatannya mereka mau diskusiin hal penting. Yaitu kenapa harga daging dan pangan selalu naik kalo bulan puasa.

d0148

Di menit 01:51, musik balik lagi ke reff. Tapi apa cuma ane yang ngerasa cukup risih liat formasi dance mereka yang diambil dari atas? Kita anggep Jongin di sini center-nya. Bukankah empat member di sebelah kiri itu lebih rapet jaraknya kalo dibandingin sama empat member di sebelah kanan? Dan kalo diperhatiin lebih jeli lagi, menurut ane gerakan dance mereka juga kadang nggak sinkron. Ini ane nggak tahu apa emang gerakannya sengaja dibikin begitu atau gimana atau emang nggak sinkron betulan. Tapi kalo liat hal-hal yang nggak atau kurang sinkron begini, tetiba aja ane kangen ama INFINITE dengan synchronized move mereka yang bisa bikin speechless. Hahaha.

Kiri lebih rapet yes? Kagak sinkron lagi
Kiri lebih rapet yes? Kagak sinkron lagi

And again, kakinya Chanyeol nggak sinkron sama yang lain. Ane mulai curiga kalo sebenernya Chanyeol belum nguasain betul gerakan satu ini. Wkwkwkwkw.

Dan pas adegan Jongdae yang ala-ala cover epep itu muncul, ane mulai paham akan seluruh cerita di MV ini. Entah kenapa awalnya ane berpikiran kalo MV Monster ini masih ada kaitannya sama MV Lucky One. Pan di Lucky One, member EXO semacem jadi bahan percobaan gitu dan berusaha kabur. Tapi pas tahu kalo mereka nggak, atau belum, bisa kabur dan maze jaman Overdose itu muncul, ane bepikir kalo dua MV ini nggak saling berkaitan.

chencover

Tapi kalo mau dikaitin sebenernya bisa juga. Anggep aja di Lucky One mereka udah berhasil kabur. Karena mereka ini bahan eksperimen, pas kabur otomatis jadi masalah. Kemudian member EXO pun ngumpul dan diskusiin rencana buat balas dendam sama pihak yang udah jadiin mereka bahan percobaan. Biar rame, member EXO pun nyari massa. XD XD XD Epep banget elah! XD

Oke, tinggalkan spekulasi di atas sebelum jadi fanfiksi.

DEMI TUHAN, APA LAGI INI?!

Ishing bad-ass #Penampakan3
Ishing bad-ass #Penampakan3

UNTUK KETIGA KALINYA ISHING NONGOL DENGAN BAD-ASS-NYA! >.< Gayanya yang nendang dan ngebentak petugas anti huru-hara bener-bener merupakan cerminan para remaja yang suka ngenyel dan sok di depan para petugas. Dan tawuran pun terjadi. Member EXO plus massa bergerak melawan para petugas. Pergolakan terjadi. /Len, brenti bikin epep di mari/

Tapi emang gitu kan ceritanya? Iya kan?! Ada atau nggak kaitannya ni MV ama MV Lucky One, intinya dimari adalah member EXO yang disebut Monster ini melakukan perlawanan ke suatu sistem bersama orang-orang yang ada di pihaknya. Kemudian adegan-adegan yang muncul nunjukin kalo situasi berubah jadi genting. Beberapa member ditangkep.

Terus kenapa Cabe Jalapeno ini pake baju rapi?! Terus kenapa piercing-nya udah copot?!

d0214

Terus lirikan matanya Sehun ini menarik hati semacem ngode gitu nggak sih?

Stay alive, guys...
Stay alive, guys…

Di sini Kyungsoo juga kayak nunggu perintah.

Sekian lama aku menunggu, untuk kedatanganmuuu....
Sekian lama aku menunggu, untuk kedatanganmuuu….

Adegan-adegan yang ditampilin berikutnya menampilkan kalau situasi semakin genting. Ada petugas yang dilempar ke mobil, Jongin yang udah lemes dan ditarik ama petugas, juga salah satu member yang pake outfit merah-item yang jatuh di atap mobil ampe atapnya peyok gitu, Chanyeol yang nggak genah itu ketawa apa tereak, Ishing yang diseret, Junmen yang disiksa, dan lagi-lagi Jongin yang dikepung para petugas.

Tenang aja Men, siksaan fisik nggak seberapa kok kalo dibandingin sama siksa batin :”)

Siksaan fisik nggak seberapa kalo dibanding siksaan batin
Siksaan fisik nggak seberapa kalo dibanding siksaan batin

Pas Jongdae nyanyi “I’m sorry. You make me so crazy.”, ane cengo di tempat. I mean, WHY YOU SAID SORRY DUH? Eh, bukan, bukan itu. Lu-lu pade, cecunguks berlabel EXO emang kudu minta maaf. Tapi liriknya itu kebalik, Abang-deul. Harusnya “I’m sorry. I make you so crazy”. Ya, harusnya gitu. Harusnya Abang-deul minta maaf karena udah ngebuat manusia-manusia di muka bumi ini menggelepar karena kalian, karena kalian udah ngebuat para perawan resah karena ulah kalian.

Di bagian rap, ada perbedaan scene yang ditayangin di MV versi Korea dan versi Mandarin. And btw, pas Chanyeol nge-rapSo I’m untouchable man” itu kok bener sekali ya? Iya Mas, kamu emang nggak tersentuh. Sama pens internasional cem kita, sama rakjel cem kita, ama kita-kita yang cuma bisa liat kamu dengan jelas di 1080p :”)

Masih idup kalian?
Masih idup kalian?

OH SEHUN PAS NGE-RAP ANJIR SUMPAH! Kenapa harus ada makhluk macem dia sih?! Kan ane jadinya lemah dan pengen ngumpat terus! Tapi akhirnya kamu dapet jatah nyanyi atau nge-rap agak banyakan ya, Nak :”) Coba aja dua rapper di ekso yang kini jadi mantan itu masih ada, mungkin udah diembat ama mereka jatahmu. LOL.

Makin mendekati akhir, MV ini menceritakan kalo pada akhirnya pihak member EXO kalah. Terbukti dengan dimasukkannya mereka semua ke karung untuk dibawa pulang ke mobil pasukan dengan tangan terborgol. Aura mereka di sini di mata ane terasa kayak bocah-bocah yang ditangkep pas tawuran. Tapi lagi-lagi… KENAPA MEMBERNYA NGGAK LENGKAP? Oh ya, ini kan sama kek adegan di awal tadi. Ohhhh, jadi ni MV alurnya plesbek gitu ye? :O

d0253

Next, ane demen banget liat dance-nya duo Jongin-Ishing yang powerful. Apalagi Ishing yang hentakannya itu berasa /plis jangan berpikiran ngeres/ juga badannya yang keliatan berisi dan otot-ototnya yang dayuuummm XD XD XD Dan ternyata yang ane kira “kripik, kripik” itu sesungguhnya adalah “creeping, creeping” XD XD Inget, creeping bukan criping. Gerakan dance di bagian ini juga eye-catching banget.

Kemudian nampaklah mobil yang membawa bocah-bocah profokator tawuran ini berhenti. Petugasnya turun dan cctv dimatikan. Dan VOILA! Petugasnya adalah Baekhyun!

Tangkap hayati aja, Bang!
Tangkap hayati aja, Bang!

Ooohhh, jadi yang mereka diskusi itu diskusiin rencana pelarian diri toh. Oooh, ini toh alesan kenapa Baekhyun di tengah-tengah tawuran tadi pake baju rapi? :O Eh tapi dapet darimana tuh piercing? Bukannya tadi pas keliatan pake baju rapi nggak ada ya? Lha ini kok nongol lagi tindik ama rantainya?

Sebelumnya, mari kita absen para member. Yang ada di dalem mobil ada enam; Ishing, Sehun, Chanyeol, Kyungsoo, Junmen, Jongdae, Jongin. Petugasnya Baekhyun. Total ada tujuh. Terus Minseok dimana? Mungkinkah dia yang matiin cctv? Terus yang ada di atas menara penuh cctv itu Kyungsoo kan? Tapi pas dimatiin kok Kyungsoo masih di atas? Jadi sebenernya cctv-nya ini dimatiinnya pas kapan?

Kyungsoo masih nangkring di atas kan?
Kyungsoo masih nangkring di atas kan?

Ah, sudahlah. Daripada pusing mikir begituan, mending kita ngikutin cecunguks ini melenggang kabur dengan santainya.

KELAR
KELAR

 

 

Overall, ane sama sekali nggak kecewa sama MV ini. Meski masih belum bisa lepas dari indoor, tapi seenggaknya scene di hangar yang backlight tadi bisa ngasih warna baru. MV-nya juga nggak melenceng dari teaser-nya. Dan meski beberapa gerakan dance ada yang nggak sinkron, tapi tak apelah. Masih bisa dinikmati. Lagunya juga nggak aneh dan enak didengerin.

Oke, kini saatnya menenggelamkan diri sama lagu-lagu mereka di album ketiga mereka. Adios!

20 thoughts on “[REVIEW/MV] EXO Monster”

  1. Aslinya ane nunggu ripyu lu ini kek yg udh ane utrain/? di ripyu tiser kmren.

    Ohiya bentar! ternyata lu anak coretbaikbaikcoret rajin dan berbakti ye? :v
    .
    .
    .
    Dan ternyata lu juga kena mabok icing? lel =D
    /Gaksiasia lu bolak balik cina-koriyah bang:* /lah?

    Tuhkan monster emg GILA. gak siasia 25 ribu gue. gak siasia kemaren begadang smpe sahur ;v LOL bahkan yutup crash lagi, views beku lagi dgn kmvrtnya:”

    Dari awal kodekode sehun di instagram, kemudian tiser poto monster ini keluar aja ane udh jejeritan gila, smpe ke tiser mv msh sanggup jejeritan. tapi semalem benerbener teredam suara ini. HAHA.

    SHT MAAN~ ekspektasi sma Monster ini jatohnya beneran gak jauh dan nyaris sesuai kenyataan di lapangan/? =))) yg bikin kzl itu msh ngegantung~ plis, esem bikinin pilem aja yayaya? /dianiaya satpol pp esem:3
    cuma kalo utk dance ane kurg merhatiin:3 soale klo dance pokus ke si gembel yg udh laku, icing, sma sehun doang=))
    Ah, sudahlah~ ini sudah cukup untuk disyukuri sbg berkah dibulan puasa:)) /yg ada godaan woy :v/ Banyak perkembangan jg sih ya^

    Btw, semalem baca bbrpa twit kakron yg bkin plesbek dan rindu mantan:” eh ini ktmu lagi sm elu yg mbahas mantan mulu smpe mau disempilin dmna~ ane kan jadi berdelusi, mak:”)

    btw(2) ada yg blg lagu ini R-19, len=)) yagasih? HAHA

    Liked by 1 person

    1. Ih ganggu banget deh, kata baik-baik yang merupakan fakta itu harus tercoreng

      YA GIMANA GAK MABOK KALO SELAMA INI DIA ANAK ALIM KESAYANGAN USTADZ TETIBA JADI PREMAN KAMPUNG BEGITU?
      Sip lah. Ane bikin ni ripyu langsung ba’dha maghrib ampe tengah malem dan hari ini di tempat kerja ngantuk parah XD XD

      NAH APA ANE BILANG? HARUSNYA INI DIBIKIN PILEM KAN YA?
      Kurang fokus lu -_-

      Duh, ane jarang buka twit :3 Sayang kuota. Tapi emang kakron itu sesuasu banget deh di dunia perkipap-an di indo. Bisanya bikin mupeng mulu XD

      Coba browsing arti lagunya… asfnaoshfodisfhuisdhguidfhgifudhgudfihdf gitu! >.< Lalu kok tetiba ane bayangin ni lagu cocok banget ye dari Junmen buat ane? LOLOLOLOLOL

      Liked by 1 person

      1. Masalahnya kamu gapernah nunjukin sisi baikbaik itu loh gimana? /disambit egen.

        wakakaaka icing anak kesayangan ustadz? :))
        Ho’oh di yusup juga banyak banget yg komen minta dibikinin pilem. wakaak
        Iyap. kakron mah gitu -_-

        udah, ane udh liat, Len. dan~~~ entahlah.
        ciyeh, jan blg lu mulai srius ama junmen len :O etapi, doi kmren malah peyuk2an ama cewe di acara tipi :V
        ah, babe, ane kan maunya emak yg inih bukan yg onoh:”) LOL

        Liked by 1 person

      2. Emang ane kurang baik apa coba? :”)

        Iyelah, kan dia belum jadi anak kesayangan esem XD XD
        Kamvret emang Kakron itu. Kamvret! -_-

        Well, tbh, ane bingung XD LOL Antara benci dan cinta gitu deh /eaaaakkkk/ #indenial eaaaakkk XD
        Cewe siapa weh? Acara tipi apa?
        Kenapa pula ane harus tau orang di luar jangkau cem dia, Gusti? XD

        Like

      1. DEMI APA YA LEN, DEMI APA! INI MV SAMA SEKALI GAK BIKIN NYANTE, BIKIN PEN SATE YANG BIKIN ANJIR
        DEMI APA DI SINI SEHUN GANTENG BANGET PEN UNYEL-UNYEL TU BOCAH ZIYAL. DARI AWAL DANCE ITU AKU UDAH JEJERITAN KAGAK JELAS, TERUS TERUS MENDADAK MAMIH CABE MELEDAKKAN HATI FANGIRL DENGAN GAYANYA YANG MANLI ABIS, ANJIR NIH ORANG KAPAN INSAF JADI CABENYA? (dan selanjutnya pas aku liat lucky one stage m countdown aku sadar dia udah jadi cabe lagi :’v) (sesaat baekhyun memporakporandakan hati para perawan dengan gaya nya di mosnter) TERUS TERUS AKU BARU SADAR JUNMEN BISA BISANYA GANS BEGITU YAAMPUN TOLONG GIMANA AKU KUADDD… TERUS YIXING YAAMPUN LEN! DI BAGIAN DIA NENDANG2 ITU CIYUSAN BIKIN HATI GAK KUAT! ANJIR DENGAN SEPENUH HATI BANGET ANJIR
        banyak yang bikin kejang nih mv, dan dance nya apalagi yang nylang itu yaampun aku suka banget. mana pas reff sehun di depan gimana dedek kuad? terus mana chanyeol kece badai, ini mv ff-able sekali lho menurutku, dan aku suka beginian heu :’ cobaan pas puasa berat banget yah :’ semuanya pada gans jugak, beneran niat nih bikin fangirl edan!
        terus sebuah surga tersendiri ketika menemukan sehun dan chanyeol dalam satu frame, indah banget dunia apalagi pas SEHUN NGERAPP YAAMPUN ALISNYA YAAMPUN MATANYA YAAMPUN GAYANYA GIMANA AKU GAK MAKIN CINTA COBA LEN YAAMPUN AKU BERDARAH-DARAH LIAT ITU/gak/ GABISA GAK BIASA KALOK BAHAS SEHUN LAGI ANJIR
        dan dibagian baek yang jadi penyelamat itu di teasernya udah agak agak keliatan menurtku, karna di mobil cuma berdelapan doang, kukira baek lagi nyabe, eee ternyata ada yang merhatiin baek ikut gerombolan densus 88 itu/gak
        TAPI PLOT TWISTNYA SUKA SYEKALI! FF-ALBE BANGET ANJIR
        sejauh ini belum bisa nemuin apa yang kurang soale terlalu fokus sama Sehun yang udah bikin para perawan menggelepar.
        btw udah dengerin lagu2nya? aku seneng banget sama heaven! sehun dapet jatah 15 detik non-stop masa, ngalahin LMR yang 12 detik tapi dua sesi haha Mana yang nulis liriknya mas chan, surga dunia part dua :’)
        miyane len, aku terlalu banyak ngoceh, maafkan diri nista nan miskin kuota ini heu :’
        SEMANGAT TERUS NGERIVIEWNYA HAHA ❤

        Liked by 1 person

      2. Ane malah pas denger Baek nyanyi pertama langsung ngumpat XD
        Heu, abang-deul eksoh udah bertransformasi ke konsep yang lebih mature, bukan tipe anak sekolah satu SMA ala-ala twailait tapi tanpa vampir XD Ane demen banget ama konsep mereka di sini.

        DEMI APA YA! MV LUCKY ONE PAS BAGIAN ENDING ITU KOK BANGS**********TTTTT SEKALI YA?! KENAPA MASIH ADA MAZE JAMAN OVERDOSE?! LIKE WAEEEEEEE? KAN DIRI INI GAMON LAGI ELAH! /lalu teringat akan jati diri ane yang 11-12 ama Kak Ron; exo baper/

        Mungkin itu pelampiasan Ishing. Entah ke siapa. Mungkin ke esem karena udah bikin semua brothers-china-nya out :”) Mungkin Ishing ingin member cina utuh empat lagi /itu mah keiningan elu Len/

        POKOKNYA ANE BENCI JUNMEN! BENCI! DASAR OM-OM PEDO! ENYAH KAU!

        Yeoksi Nida… Sehun mele yang diperhatiin -___-

        Udah dong 😛 #LenMasihBelumBisaMuponDariMonster dari tadi pagi lagu ini yang sering ane puter masa XD Dilanjut Lucky One /pas denger Junmen nyanyi “I don’t mind” ane merinding. Tambah merinding lagi pas liat MV-nya soalnya disitu JUNMEN MAIN MATA IH!/
        Heaven juga suka, cocok tuh dijadiin alarm. KAN SESUASU BANGET LAH YA KALO PAGI-PAGI LU DIBANGUNIN AMA BANG JONGDAE YANG NYAPA “HELLO ANGGGEEEEELLLLLL” XD XD XD XD XD
        Terus Stronger juga masuk. Masuk lagu favorit juga masuk playlist lagu penghantar tidur :”

        Yo, yo, makasih dah mampir XD

        Liked by 1 person

      3. BAEK JADI UMPATABLE BANGET YAH PAS MONSTER/digeplak
        bener banget len, makin kesini gaya musik mereka juga makin berubah, aku makin suka masa 😦 dan kali ini tuh mv-nya ada plotnya yang seriusan itu plot gitu lho/apasihnid/ gak cuma dance-dance doang
        ITU LABIRIN SEMACAM PLOT TWIST DI LUCKY ONE! BIKIN MENDADAK MLONGO SAMA INGEN MANTAN/gak aku belum baca teori lengkapnya jadi belum paham betul itu gimana he :’
        itu mah keiningan elu Len (rt gue juga dong/apasih) haha tapi emang ciyus ektingnya jos banget pas nendang2 kok, mungkn bener katamu len, dia sekalian ngelampiasin kangen/gak
        OM PEDO TAPI MENDADAK GANS BANGET HAHA
        mataku gabisa jauh jauh dari sehun len 😦 mau mup on pun akhirnya balik lagi 😦
        iya len sama dari kemaren album ekso mulu yang diputerin, apalagi dua lagu utama haha mana sambil ngabayangin mvnya :’v TUH JUNMEN EMANG OM PEDO/nid…
        ASYEM NGAKAK ANJIR XD heaven kan yang nulis lirik si chan tuh, itu btw dibikin sambil ngeliatan aku len/dibom
        sukaaaaaak stronger heu 😦 kenapa aku suka semua 😦
        eaaak sama sama hahaha

        Like

  2. PANJANG UMUR KAISAR YIXING (/^O^)/ demi liat dia liar aku rela ninggalin mas jongdae dan kau ninggalin mas junmen hahahahaaaaaaaaaaaaa
    dan sialnya monster bikin jarak sehun-kai di tingkat terbawah bias listku makin jauh XD sehun makin tinggi kai makin … ah sudahlah. sehun geser chanyeol malah.
    trs ya minseok, penting dinote itu rambut klimisnya yg ga banget, tapi waktu dia nyanyi itu lgsg … haish! siaaaaaaaaaal, dan ternyata itu kalo ga salah artinya ‘im not a tenderhearted man’. DGN TAMPANG BADASS GITU DIA-DIA-DIA NYANYIIN LIRIK INI BUNUH SAJA PARA FANGIRL INIIIII
    tapi of course yg paling membuat salfok adalah adegan yg kamu bilang ‘exo nungguin baekhyun’ bikos MAS JONGDAE. BERDIRI. DI ANTARA XIULAY
    *EXO-MMMMMMMMMMMM
    dan andai kita jadi kolab nih buat monster, andai, kita mesti jadiin si cabe tokoh utama deh krn kemunculannya itu selalu penuh misteri. tentu saja yg terakhir itulah yg paling epikkkkk. cabe rawit telah berubah menjadi paprika /what/ ga pernah lho aku seexcited ini njadiin baek tokoh utama ff huhuhu.
    dan teori mv-mu mungkin bisa kunukil2 buat proyek pribadi. haha. nyolong dikit gapapa dong?
    anyways, selamat ya yg sdh nemu bilik kosong buat ngenet! XD

    Like

    1. Apa? Ane ninggalin Junmen? Wait, sejak kapan ane stay with Junmen? Harus berapa kali ane bilang kalo ane ini geli ama sosok bernama Junmen itu Kak?
      TAPI SUNGGUH ISHING DISINI SUNGGUH… SUNGGUH… WARBYASAH! >.<

      Dan pas ane tau dari komen Kakak, arti dari lirik yang dinyanyiin Minseok… K, I'm so done with Minseok! Dia bagaikan paket komplit rated G, K, K+, T, M, dan bahkan MA! XD XD
      Yeah, yeah, EXO-M yang tinggal separuh :") Karena separuhnya lagi telah pergi :") /shit/

      Hayuk bikin Kak! 😀 Ane juga antara heran ama kaget sama peran Cabe Jalapeno itu di MV ini. Kan biasanya yang jadi main cast tuh Jongin, atau Luhan /lah, malah kelingan EXO Drama ver aku'ne hahahaha/
      Silahkan dicolong, asal ada credit LOL XD

      Hahahahahaha. Doakan diri ini bisa nemuin wifi gratis juga LOL XD

      Liked by 1 person

  3. *ane gak tau ini komentar bakal nyempil ditengah apa gimana. laagi gak on pc. ini aja numpang minjem tablet adek:3 /dasar kaka gamodal/ menu reply nya gak ada di komentar trakhir:”*

    Kurg baik dmna? Kamu sering php-in aku tauk! /gak :v

    Iya, mungkin kalo SM belom. tp bakal jadi kesayangan akuh/apasih
    anjir, zhang yixing kamvret. abis kambek langsung bertransformasi jdi penggoda iman perawan sekaleeh. siyal. pamerabssokseksibgt,kmvrt:”

    baca twit/tulisan kakron itu antara baper sama pen ngakak 😀 😀

    Itu krna lu belum spenuhnya menyadari perasaanlu ke doi, bruh:” wakakak

    ini peyuk2an sma cewenya https://z-m-scontent-sjc2-1.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/fr/cp0/e15/q65/13428540_551767655009742_2650246666665328377_n.jpg?efg=eyJpIjoiYiJ9&_nc_ad=z-m&oh=197d2fee1d24cef7910d65aad02dea6f&oe=57C880BC

    kalo mau buang2 kuota liat performnya skalian, kesini aja https://www.youtube.com/watch?v=BX5SvRLlzQg suara cewenya tinggi. anjir, suho kelelep jadinya. LOL. Tapi keren lah :v 😀

    gak usah membohongi diri sendiri, len. ntar susah sndiri loh /WOY!

    Liked by 1 person

    1. Apalagi pas ngedance di akhir-akhir bareng Kai itu. Hentakannya omg /plis Len, ambigu/ :”
      XD Bener, antara baper lalu berkata “anjirrr” berpadu dengan nyeseggg tapi diri ini ngakak. Kan demit -_- XD

      Belum sepenuhnya menyadari katanya -_- Ane sadar kok selama ini.
      ANJIRRRRR! KAMVREEETTTT! KAMBING GULING! NAJEESSSSS ANE LIAT JUNMEN DISONOOOOO! HIH, MACEM OM-OM PEDO yang bilang “Dek, yuk ikutan ama Om. Ntar Om kasih chiki sama yosan yang ada huruf ‘N’-nya ya?”
      TERUS NIH TERUSSSSSSS LIAT TUH MUKANYA DIA PAS MELUK TUH CEWEK! LIAT! LIIIAAAAAAATTTTT! SO DAMN ANJIR BANGSHVVVVTTT KAMVRET SEKALI KAN? LIAT TUH SENYUM PEDONYA!
      GIMANA ANE GAK JIJIK-GELI-NGAKAK LIATNYA?
      Ane jujur sejujur-jujujrnya kok Nad /halahpreeeettt/

      Like

      1. Njeerrr~ itu part paporit ane stelah part kyungsu nangkring diatas cctv2 itu /bias selalu yg utama 😀 hwhwhw
        Icing track-” Ho’oh makin berbentuk/? bodinya /apaeneh? 😀 😀

        ANZAAYYY~ SEHINA ITUKAH BABE ANE DIMATA LU, LEN??? 😥 :V HUAHAHAH
        YAKIN TUH JIJIK? BUKAN ENPI? HWHWHWHW /dibalang

        Like

      2. Mungkin ishing harus jadi model elemen(?) Ntar ane gak slamet kalo ini kejadian beneran ._.

        Dia adalah yang terhina dari yang terterterterterterhina :v
        Seriusan ane jijik-geli liatnya, bukan enpi. Beneran. Swear. Sumvah /lalukemudiandirinyabarusadarkalopasliatfotojunmendiacaraituyanglaindiatereakterussavefotonya/ nyebur ke palung mariana/

        Like

  4. Gausah elmen, Len. GAUSAH. YANG PAMER ABS DIMAJALAN KEMAREN AJA, ANE UDAH KEMANAMANA NJIIRRR–” sialansialansialan~ 😀 😀 😀
    lu msh selamet liat itu?–”

    NJEEERRRR~ KUINGIN BERKATA KASAAR 😀 WAHAHAHAH~
    Tuhkan lu mah. udh dibilangin jujur ajin jugak–” Emang kali ye, org kalok suka mesti dibenci2 dolooh /nad -__- /jedotin len ke tiang listrik

    Like

    1. EMANG SIAPA YANG PAMER ABS? BANYAK LHOOO YA LOOOOORRRDDDDD, JUNGDOK-AN MULU INI MAH KALO NGOMONGIN ABS XD XD XD XD
      Aslinya mah gak jelas. Superposisi banget ane kalo liat yang begituan, antara slamet-gak slamet gitu deh LOL

      KASAR. Noh, ane udah ngomong. Lu kapan? XD
      Gak jujur mananya sih? Siapa yang suka ama dia?! /tendang Nad/

      Like

      1. SI ZHANG YIXING ITU LOH~~~~~ BANGSATH SIYAL :V
        wat is jungdok, len? T.T
        ABS SIYAL KMVRT LAH HAHAHAHA
        Kalo udh selamat-ga seamat mah, gaselamat brrti 😀 percuma kalo selamat tp gabisa ngapa2in lagi pan 😀 /apa ini?
        ane msh selamet asal bukan kyungsu /WHAT?!
        aslinyagarelakalodoismpeikut2ansoksekseehbegitu. Maunyamahkalopamerkeanedoanglahya /nad -_______-

        Ane puasa, Len 😥 gamau nambah-mengurangi pahala ;'( :v
        abis lebaran lah 😀 /WOI
        Yaudahlah ;3; mungkin belum saatnya kamu jujur 😥
        /kok ngedrama bgt, siyal 😀 /lempar Len ke laut medi

        Like

      2. Ishing itu diem-diem macem serigala berbulu domba. Luarnya aje inosen, kiyut, macem orok gitu. Dalemnya? Dia hobi bikin para perawan menggelinjang karena dia /ini ambigu plis/ XD
        Jungdok itu overdose Qaqa XD Lagu terakhir EXO as OT12 tauuuuu :”) /nah kan baper/

        Kalo Kyungsu ikutan … mungkin ada harapan juga buat cabe XD LOLOLOLOLOL

        Aku capek Nad kamu suruh jujur mulu padahal aku mah udah jujur :”)

        Like

  5. Bener. Kamvret~ Dasar alaynya nyai Sooman 😀
    Menggelinjang itu opo emg, kak? Waks 😀

    Oooohhhhh~ itu toh 😀 sori, ane kurg pokus 😀 /alesan
    Someone call the doctor~ Len baver egen 😀

    GAK. Gausah ikutan lah Kyung~ Aku garela kamu ikut2an gitu /fangirl edan -_- HAHA
    Eh, si cabe sama Chanyeol emg lagi siap2in abs sih. Kalo sehun blg, sebulan lagi 😀 mungkin pas EXOrdium bakal pamer, heu:” Makik gede godaan perawan inimah :v 😀

    Yaudahlah, asal kamu bahagia, aku gabakal nyuruh-nyuruh kamu lagi~ Semoga kamu sehat terus yaaa… /nad -______-

    Like

Speak up now!

