Captain's Talk

Setelah Civil War, War Satu Ini (Akhirnya) Kelar Juga

BMP9s-4CYAEJIyi
“Akhirnya kasus kita kelar juga, Gan. Yuk kesana, Pak RT mau ngadain selametan”

 

Buat ane, susah banget buat mihak ke Kapten Amerika atau Iron Man. Serius, susah. Tapi rupanya masih ada yang lebih susah. Ya apalagi kalo bukan sepak-terjang kasus terminasi kontrak antara dua mantan member EXO Yifan ft. Luhan vs SM Ent?

Tapi beda sama Civil War yang rampung dalam hitungan jam. Kasus Yifan ft. Luhan vs SM Ent ini kayaknya susah kelarnya. Kurang-lebih udah dua tahun tapi belum ada titik terang. Awalnya ane mikir kasus ini bakal berlarut-larut, tapi ternyata kasus ini udah selesai.

Kaget?

Jelas. Nggak nyangka aja kasusnya bakal rampung.

Kepo?

Jelas bangetlah kalo kepo sama hasilnya.

Apakah dua lost member ini bakal kalah kayak lost member yang (semoga aja) terakhir keluar? Apa mereka berdua justru menang? Atau seri?

Berbekal wifi di tempat kerja dan konspirasi yang mengakibatkan kerjaan nggak begitu numpuk, ane browsing soal berita kasus ini. well, the result quite surprising me! Beneran di luar dugaan men hasilnya!

Hasilnya begini ini yang disampein sama representatif SM Ent, ane kutip dari laman allkpop.

We cannot disclose the details of the agreement but in accordance to the court’s ruling and the agreement of the parties involved, Kris and Luhan’s exclusive contracts will be effective until 2022 as originally contracted.”

Kris and Luhan, excluding areas in Korea and Japan, will entrust jurisdiction rights entirely to SM Entertainment, and Kris and Luhan will share a part of their revenues with SM Entertainment. Needless to say, [Kris and Luhan] will not promote as members of EXO.”

Errr … intinya gimana sih, ane nangkep.

Intinya, kontrak Kris ama Luhan bakal tetep lanjut ampe 2022 tapi mereka bukan bagian dari EXO lagi. Mereka hanyalah bagian dari masa lalu EXO :”) Terus Kris ama Luhan bakal membagi pendapatan mereka sama SM.

Ane agak bingung sih di kalimat “…excluding areas in Korea and Japan, (Kris and Luhan) will entrust jurisdiction rights entirely to SM Entertainment…

Itu kalo diterjemahin jadinya begini kan? “…di luar area Korea dan Jepang, Kris dan Luhan bakal mempercayain hak-hak yurisdiksi sepenuhnya ke SM Ent…” Apa maksudnya ‘mempercayakan hak-hak yurisdiksi ke SM di luar Korea dan Jepang? ._. Ada yang bilang kalo Kris ama Luhan kudu ngasih SM bagian buat aktifitas-aktifitas mereka di Korea ama Jepang. Apa iya gitu? CMIIW gaes.

Yaaaa kalo yang dibilang ama salah satu fans itu bener, berarti bisa dianggep Kris ama Luhan menang dong? Kan mereka cuma ngasih SM bagian buat aktifitas mereka di Korea ama Jepang, sedangkan kita tahu kalo duo ini aktifnya di Cina. Well, you can say they’re a top-notch entertainer in China. No doubt about that.

Tapi yaaahhh ane masih bingung di bagian yang tadi ituuuu. Apa maksud dari ‘mempercayakan hak-hak yurisdiksi ke SM di luar Korea-Jepang? Plis, ane berharap ada anak yang melek hukum, terlebih hukum internasional yang nyasar kemari terus jelasin itu maksud ke ane XD

Tapi lagi nih, yang namanya mantan itu bawaannya disalahin melulu, dijelek-jelekin melulu ya?

Ya gitu deh, berakhirnya perseteruan dua mantan dengan mantan ‘pengasuh’nya ini jadi bahan pembicaraan yang laziz di kalangan netizen, apalagi k-netz.

Bukan rahasia lagi kalo k-netz itu banyak yang rasis. Jadi udah bisa ditebak dong, pastinya ada cukup banyak komentar-komentar berbau rasis soal kasus ini. Fufufufufu. Well, IDGAF. Racism isn’t my style.

Dan yang lebih seru adalah perdebatan soal ‘siapa yang menangin kasus ini?’

Apakah SM? Atau Dua Bayangan Masa Lalu?

Kalo menilik ke keputusan final dimana kontrak Dua Bayangan Masa Lalu yang bakal tetep lanjut ampe 2022 dan mereka harus bagi hasil ama SM, emang sih kita mikirnya “Wah, rugi dong Kris ama Luhan.”. Tapi ada banyak fans yang bilang kalo bagi hasilnya ini cuma buat aktifitas keduanya di Korea-Jepang (kembali ke topik awal yang ane masih bingung. Seseorang tolong jelaskan). Kalo emang yang diomongin fans itu bener, Kris ama Luhan nggak rugi-rugi amat deh. Kayaknya.

Yaaaa soalnya Dua Kenangan Masa Lalu itu kan lebih aktif di Tiongkok dan salah satunya bahkan udah ngeksis ampe Hollywood (kutunggu pilem XXX3 dirimu, Bang!). Dan plis, ane rasa kepopuleran mereka di Tiongkok sana nggak perlu diraguin lagi. Ada berapa banyak CF dan endorse mereka? Bahkan ada yang punya label sendiri. Ihir.

Anggep aja bagi hasil ini semacam “balas budi” karena SM (pastinya) udah menginvestasikan dana yang nggak sedikit buat masa-masa kelam training mereka dan debut. Toh ya, dua-duanya dapetin apa yang mereka mau; freedom.

Hei, debutin artis apalagi grup itu biayanya nggak main-main banyaknya.

Toh ya, buat ane itu cukup adil. Nggak peduli siapa yang bener atau salah, Kris dan Luhan pantes buat dapetin ini. kenapa? Ya soalnya mereka melanggar kesepakatan yang udah tertulis di kontrak. Hitam di atas putihnya ada men.

Kontraknya nggak adil!

Lah, kalo emang nggak adil, kenapa mereka mau teken kontrak di awal? /smirk/

Dunia hiburan emang licik. Mungkin ketidakadilan itu datang setelah waktu berjalan.

Bukan rahasia lagi kalo SM identik sama ‘kontrak budak’. Ada berapa kasus yang mencuat ke permukaan? Hangeng, JYJ, Kris-Luhan, No Minwoo. SM emang ‘rada’ kejam sama artis-artisnya.

Inget konser EXO yang EXOLUXION? Denger-denger tuh konser jadwalnya gila-gilaan padetnya. Dalam berapa hari mereka harus mencok sana-mencok sini. Antar benua pula. Bisa dibayangin jet-lag yang dialami? Belum lagi rehearsal? That must be so damn tiring.

Dan bukan rahasia lagi kalo SM emang ‘overprotektif’ sama artis-artisnya. Bukan dalam hal baik tentunya. LOL. SM keliatan mengekang artis-artisnya buat berkembang. Terserah mau dibilang strategi bisnis, taktik, pilih-pilih atau gimana, pokoknya buat ane SM itu overprotektif sama artis-artisnya. Juga pilih kasih. LMFAO. IYKWIM.

Eh tapi tunggu dulu.

Fokus ane teralihkan sama angka 2022 yang tercantum di atas tadi.

Kontrak eksklusif Kris-Luhan bakal berakhir di tahun 2022. Apa itu artinya … kontrak EXO juga berakhir di tahun segitu? :O Bisa jadi kan?! Soalnya Kris ama Luhan dulunya kan anak EXO. Jadi enam tahun lagi entah EXO bakal memperbarui kontrak atau bubar jalan, gitu? Yaaa kita liat aja nanti. Soalnya TVXQ ampe sekarang belum ada kabar-kabar memperbarui kontrak, Suju juga XD

In the end, ane nganggep hasil dari perseteruan dua kubu ini cukup fair. SM dapet ganti rugi, Kris ama Luhan bisa ‘lepas’ dari SM. Meski ini masih sedikit ambigu buat ane. Ugh.

Ditunggu selametannya ya, Bang Yifan ama Mas Luhan! 🙂

 

Ps: baru dapet keterangan dari pihak SM, itupun dari artikel allkpop yang kesannya bias (banget). Selebihnya pemikiran ane sendiri XD

Btw, suaranya Yifan di From Now On, OST. Sweet Sixteen (pilemnya Yifan) enak juga ya? XD Daddy udah bisa nyanyi ya? LOLOLOL. Lagunya enak, pas buat bobok. LOL (again).

Advertisements

16 thoughts on “Setelah Civil War, War Satu Ini (Akhirnya) Kelar Juga”

  1. Ane bahagia masa ini beres. Dan apa di sini yg merasa Luhan lebih cocok solo sendiri tuh ane doang yg kak? Lbh suka di solo sendiri /dilindes exo12stand/

    Kak Len setauku. Mereka emang bagi hasil sama SM tapi katanya mrk gak boleh promosi di korea sm jepang yang aku tau._. Tp toh mrk jarang promosi di situ tp prnhsih Luhan ke Seoul buat syuting RM China gitu. Emang awalnya mikir gak adil ya bagi hasil tp baca kata2 kak Len, bener juga. Mereka juga setidaknya udh gugat mengugat SM ya jadi terima aja bg hasil. Di tambah dulu SM yg didik mereka loh ya. Rugi jg SM kalo mereka nikmatin hasil itu sendiri.

    Terbaik aja untuk Luhan sama Kris. Sukses selalu utk bayang2an masa lalu ini😂😂

    Liked by 1 person

    1. Bilang aja lu kamu suka Luhan solo karir soalnya kalo di ekso doi nggak bisa mendesah-desah macem di Lu XD

      Hhhooo, gitu ya :O Halah, bukan masalah. Cuma Korea ama Jepang doang. Tiongkok pasarnya jauh lebih luas men, Hollywood juga udah welkam sama bapak ane XD

      Liked by 1 person

      1. Serius kak. Semaniak maniak ane sm luhan. Ane kalo masalaha lagu sm tontonan tetep kpop sama kdrama akaka. Paling lagu luhan yg aku pny di playlist our tomorrow, medal, that good good, sama promises. Alesannya karena ane males download XD XD

        Liked by 1 person

  2. ‘Anggep aja bagi hasil ini semacam “balas
    budi” karena SM (pastinya) udah
    menginvestasikan dana yang nggak
    sedikit buat masa-masa kelam training
    mereka dan debut.” <~~ syilau mamen :v LOLOLOL. kmren juga ngakak soale kak ron ngomongin hal yg sama. Emang bener lah ya :v

    (as ussual) ane setujah ame lu, Len :v banyak yg memperdebatkan ini (jelas lah, nad :v )
    dan ane be like : yagausah dipanas2in lah, syukur2 loh kasus LS ginian bisa berakhir 'DAMAI' /ngakak kering banget -_-

    Lu nungguin anak HI nyasar disini, Len? maap ane bukan:'( /diseblak

    ini cukup bawa angin seger buat ane. gak dari sisi kontrak2 ini, tapi mikirnya, mereka gak perlu awkward lagi sama member lain depan kamera, at least:') atau KALI AJA NANTI BEDUA BAKAL DATENG DI EXOrDIUM CHINA. <~~ iya, ane tau yg terakhir delusi parah T____T

    Jadinya kek "kembali tapi tidak untuk bersama lagi":') kalo msh ngeyel ngarep mereka balik, pikirin aja, tega ngeliat Kris di babat netijen sekoriyah? apalagi Luhan?:')

    Terbaiklah utk dua mantan tak lekang oleh waktu ini :V

    p.s : soal exoluxion itu kok nampol bgt di ane :v dan exordium bakal lebih parah kayaknya. dopping banyak2 lah kalian :v
    dan kai sempet ngerandom semalem ditengah konser "wah, SM mendapat banyak uang" :v LOL

    Like

    1. Silau apanya? Lebih silau jidat Yoochun noh :v
      Ane baru tadi kepoin twitternya karon, dan anjaayyyyy ane nahan ketawa di tempat kerja XD XD Bik laf deh buat Karon XD

      Damai dengan tanda kutip ye? Fufufufufufu :v
      Tapi beneran lho, kasus mereka ini terbilang yang endingnya cukup mulus kalo dibandingin kasus lai yang sejenis. LOL

      Lu anak apa terusan?

      Delusi lu parah men. Enyahkan itu. Nggak baik buat kesehatan mental :v
      TAPI ANE KEPO SAMA REAKSI MEMBER EKSO YANG LAIN SUMPAH! ISHING PAKABAR? JUNMEN PAKABAR? SEHUN, SEHUN GIMANA HUN?

      Nggak usah balik aja mereka udah dibabat ama netizen koriyah. Netizen sana banyak yang sadis-saiko XD XD

      Yeeeeaaaahhhhhh, borongin tuh dopping abang-deul. Beli cairan infus kalo perlu, karena pokari semata mana cukup :v
      Iya bangkai(?), dan esem berterimakasih ama elu dan bandmate-lu sebagai mesin uang esem :v :v :v

      Like

      1. Silauan jidat chanyeol deh :v
        Kakron emang samting ;3;

        Itu dia. Makannya ane suka why gitu sama keterangan ambigu dari fans2 inter yg jatohnya malah bikin orang mikir macem2 :3

        Anak kesayangan Kim Junmyeon dan Bae Joohyun^^

        SAMA.
        Entahlah, Len~ Lega sih seenggaknya.

        Iye. Kampret emg. Modal SNS juga :3

        Mijon weh mijon 😀 😀
        Dan akhirnya Kai kualat :3 ㅠㅠㅠ
        Semoga baik2 aja pacarnya mbak keristal:”)

        Liked by 1 person

  3. Wew… akhirnya ntu masalah selesai juga… Kak Len, ane udh lama gak buka wordpress, sekalinya buka eh ketemu mantan. Jadi mereka tetep keluar exo, tapi nggak keluar SM? Nah, terus yuridiksi di luar Jepang sama Korea itu maksudnya mereka bagi hasil sama SM itu cuma pas diluar Jepang sama Korea? Sisanya bisa buat diri sendiri? Lah gak enak di mereka dong? Kan mereka aktifnya di China? Apa itu maksudnya mereka gaboleh promote di Jepang sama Korea? Lah, kasian fans Korea-Jepang dong? /lah/ awalnya aku juga mikir, ‘kok kyknya SM tuh agensinya sadis amat yak?’ Tapi pas baca tulisan Kak Len aku baru nyadar. Mereka udah tanda tangan kontrak di awal sebelum debut, berarti hal semacem itu udah resiko yang bakal mereka tanggung. Btw Kris bisa nyanyi? Aku belum denger lagunya, ntar lah kapan kapan search…

    P.s. sekarang adek udah masuk SMA lhoo XD

    Liked by 1 person

Speak up now!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s