Captain's Review

[Movie Review] Train To Busan. Non-stop thriller! (Awas spoiler!)

train_to_busan-p2

 

Jarang-jarang kan, di bioskop Indonesia ada film Korea. Salah satu film Korea yang jadi trending topic belakangan ini, dan menyita perhatian internasional adalah Train To Busan. Kalo buat pemerhati film yang jadi interest point di film ini itu zombie ama plotnya, mungkin buat sebagian besar Kpopers, terutama Kpopers sepuh, daya tarik film ini yaaa pemeran utamanya. Gong Yoo yang dulu jadi pemeran utama di drama Coffee Prince XD

Meski ini film made in Korea, film ini justru lebih dulu diputar di Cannes Film Festival 2016 tanggal 13 Mei kemaren, baru tanggal 20 Juli film ini rilis di Korea dan dua hari setelahnya rilis di Amerika. Ane tahu film ini bukan dari portal berita Kpop malah, tahunya dari 9GAG XD Sebagian besar 9gaggers bilang ini film recommended banget. Jadi pas ada kesempatan ane tonton nih film.

Film yang disutradarai sama Yeon Sangho dan berdurasi 118 menit ini EDAN! Beneran edan! KHANMAEN!

Awal-awal film mungkin nggak menegangkan ya. Tapi bagian yang bikin tegang di film ini nggak perlu nunggu sampe setengah jalan. Pokoknya begitu Gong Yoo yang berperan jadi Seokwoo disini naek kereta KTX bareng anaknya, Su-an, bagian menegangkan dari film ini … sudah dimulai.

Bayangin aja man, lo ada di kereta ekspres dan di situ virus zombie menyebar. Kalo di kota gitu lo mungkin masih bisa lari, sembunyi, cari senjata, de-el-el. Lah ini di kereta! Sekali lagi, KE-RE-TA. Kereta ekspres yang nggak bisa berhenti sembarangan pula! Gimana nggak dag-dig-dug coba?!

Terus, yang bikin film ini makin menegangkan itu zombienya. Kenapa?

Kan kita semua tahu kalo selama ini zombie itu identik dengan ‘makan otak’, ‘lu kena gigit=lu jadi zombie’, dan gerak mereka yang lambat. Tapi di film ini nggak man. Zombie-deul dimari itu bisa lari! Serius! Mereka bisa lari kesetanan macem orang kena rabies meski tangan mereka kepluntir nggak genah! Gimana nggak senam ini jantung?! >_< Mungkin karena budaya orang Korea yang amat sangat tepat waktu nggak kalah kayak Jepang, makanya zombie-deul dimari itu nggak bisa gerak lambat kayak zombie Hollywood. Zombie Korea itu harus ppalli ppalli XD

Plot film ini juga menyuguhkan never ending thriller kalo kata ane.

Setelah tahu ada virus zombie menyerang, para penumpang yang selamat mulai ‘sembunyi’ di gerbong yang aman. Aslinya mereka turun di stasiun apa gitu ane lupa namanya. Tapi karena ternyata virus zombie ini udah merebak di seantero Korea, mereka nggak bisa berhenti. Akhirnya mereka terpaksa berhenti di stasiun Daejeon. Katanya di stasiun Daejeon ini mereka bakal dijemput sama militer.

EH KAMPRET EMANG! Begitu penumpang turun … KAMPRET! Para tentara di sana udah jadi zombie semua! Terus para penumpang kereta berlomba buat balik ke kereta di tengah kejaran zombie.

Selain plot yang bikin kita lupa nafas, film ini juga menyelipkan sindiran-sindiran buat masyarakat pada umumnya dan masyarakat Korea pada khususnya. Bahwa di jaman serba canggih sekarang ini, rasa empati dan peduli manusia itu makin menurun. Di film ini masyarakat disindir betapa kecanduannya mereka sama gadget. Rasa empati mereka turun dan mereka jadi sebodo amat sama lingkungan sekitar mereka. Kata lainnya, mereka jadi kurang peka sama anomali di sekitar mereka. Selain itu, yakin kalo ada bencana luar biasa kayak di film ini orang-orang bakal bersatu buat menemukan jalan keluar? /smirk/

Fyi, an asshole will exist. Everywhere, anytime. Kalo contoh di film ini sih, Yonsuk yang diperanin sama Kim Heesung. Liat tokoh yang beliau peranin bikin ane mikir, “Ada ya orang sebrengsek gini?”

Nggak cuma ketegangan yang disuguhkan di film ini. Ada beberapa scene yang bakal bikin kita “lie down-try to not cry-cry a lot”.

adibpro

Jujur, ane bukan tipe orang yang gampang tersentuh sama suatu cerita. Di saat temen-temen laen bisa mewek atau nangis bombay gegara film atau buku … ane tetep biasa aja. My stoic face will remain.

But this damn great movie got me in watery-eye twice! DAMN!

Yang nggak doyan spoiler, jangan diblok!

Yang pertama itu waktu Sanghwa (diperanin sama Ma Dongseok), suaminya mbak-mbak hamil dimari itu nahan para zombie biar nggak nyerang mereka yang tersisa. Sanghwa yang ahli beladiri nyuruh Gong-yoo buat pergi dan lindungin yang masih tersisa termasuk istrinya. Bahkan Sanghwa juga sempet neriakin nama jabang bayi mereka and it got me like … ugh! Pengorbanan orang tua itu selalu bisa memberi feeling ‘right in the kokoro’. Dan yang kedua itu pas Gong-yoo yang udah kegigit zombie pergi keluar kereta ninggalin anaknya sama Sungkyung si mbak-mbak hamil di gerbong masinis supaya mereka berdua nggak doi gigit pas doi udah berubah jadi zombie. Terus sebelum berubah jadi zombie sepenuhnya, Gong-yoo keinget saat dimana anaknya lahir terus Gong-yoo terjun dari kereta.

FAK! FAK! ASEM LAH! DAMN MY FEELINGS!

 

Film ini termasuk komplit sih. Thriller-nya dapet, pesan sosialnya dapet, scene yang right in the kokoro juga dapet. Zombie yang bisa lari (ampe ngejar kereta aja bisa!) jadi bumbu paling sedap di film ini selain konsep kabur dari kejaran zombie di tengah-tengah kereta ekspres yang lagi jalan. Mungkin kalo nonton film ini kalian bakal lupa nafas saking tegang dan gregetnya ini film. Cobaannya adaaaaa aja! Flashback yang nggak sering (cuma muncul sekali doang) juga bikin film ini nggak bertele-tele dan berakhir dengan so boring.

Sisi minus film ini ane rasa hubungan antar tokohnya kurang ngena. Jadi ada adegan dimana salah satu tokoh nyelametin tokoh lain kesannya tuh biasa aja ._. Ada juga adegan dimana satu tokoh dihadapkan ke kenyataan kalo semua temennya udah berubah jadi zombie dan dia harus menghabisi mereka supaya bisa menyelamatkan diri. Tapi adegan itu juga kurang ngena. Gejolak emosi si tokoh itu ane rasa kurang. Mungkin ini karena thriller yang mendominasi dan durasi film, jadinya berasa kurang.

Overall, film yang kabarnya bakal muncul sekuelnya ini highly recommended!

 

 

Advertisements

4 thoughts on “[Movie Review] Train To Busan. Non-stop thriller! (Awas spoiler!)”

    1. XD Make sense sih. Tapi emang ente mau naek predator ente? Hahahahaha.
      Jadi kan ceritanya pas mereka naek kereta, virusnya baru meluas. Trus … liat sendiri aja deh filmnya kalo belom liat XD

      Like

  1. Bah, rugi bener dah ane kmren udh ditawarin ama temen skelas tapi gak ane ambil gegara sibuk blingsatan kesana kemari gak jelas :V wakakaaks
    Len~~~
    Ane gak suka spoiler, tapi ane ngeblok juga. damn! pen cepet pulang dari kendari gue weh 😥

    Like

Speak up now!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s