Captain's Talk

NCT dan sub-sub unitnya

 

 

Hahahaha. Kayaknya telat banget ya, kalo baru sekarang ane nulis artikel soal NCT XD Niatnya sih, ane mau nulis soal NCT ini jaman mereka pertama kali debut. Tapi karena baru kesampean sekarang ya udah lah ya. Kalo kata pepatah mah, better late than never.

Di tahun 2015, bulannya kapan ane lupa apalagi tanggal atau wetonnya, SM ngeluarin video yang isinya trainees cowok yang unjuk kebolehan nge-dance. Sejak itu isu kalo  SM mau debutin boysgroup baru berhembus kencang sekencang betisnya Jhonny Seo. Tapi ane akui kalo pas jaman segitu ane nggak begitu interest ke SMRB ini jadinya … bomat XD

Hingga beberapa tahun kemudian /halah/ muncullah kabar kalo anak-anak SMRB ini fix bakal debut jadi boysgroup dengan nama NCT. Akronim dari Neo Cultural Technology. NCT-nya udah kece sih. Tapi kepanjangannya itu … kok hmmm ya? Lebih mirip nama startup yang bergerak di bidang IT kalo nggak ya semacem perangkat lunak gitu. Mungkin bisa bersaing sama intel kalo beneran.

Belum lama dibikin hmmm sama namanya yang hmmm, ane kali ini dibikin ber-hah?! berkat konsep yang diusung sama NCT ini. Jadi konsepnya, NCT ini grup yang anggotanya fleksibel, bisa nambah-nambah anggota dan bakal didebutin dalam sub-sub unitnya yang entah berapa jumlahnya kalo anggota fix-nya aja nggak jelas gini.

Begitu ane denger hal itu, pikiran ane langsung mengarah pada … 48FAMILY!!! HAHAHAHAHA! Seriusan elah! Ane ingetnya malah 48Fam. You know lah, AKB48, SKE48, HKT48, JKT48, dan lain-lain. Kan soalnya konsepnya nggak jauh beda. Di 48Fam ini anggotanya juga bisa nambah dan ganti-ganti, juga sama-sama debut di tim atau sub-unit yang beda-beda.

Hhhoooojadi NCT ini sejenis 48Fam versi cowok di Korea gitu ya?

Kalo di 48Fam ada sistem graduate, kayaknya di NCT ini nggak ada yang begituan deh. Trus kalo konsepnya gitu, bisa-bisa SM nggak debutin boysgroup lagi dong? Bisa aja kan, semua trainee cowoknya nanti dimasukin ke NCT semua XD XD XD Sok tau banget kan?

 

 

Hingga kemudian NCT debut dengan sub-unit pertamanya; NCT U.

 

 

Awal mereka debut ane nggak hype. B aja tuh .-. Tapi harus ane akui kalo (diliat ampe sekarang) SM ngelakuin langkah tepat dengan debutin NCT U duluan dengan dua lagu, Without You ama The 7th Sense. Ya bayangin aja kalo debutnya pake Fire Truck. Pasti banyak yang mengernyitkan dahi.

Dan yang ane suka dari dua lagu debut NCT U itu adalah nuansa lagunya yang beda dari kebanyakan lagu-lagu keluaran SM. Di ‘The 7th Sense’, temponya terkesan lambat ditambah suara bass yang nendang banget. Ditambah rapnya Mark itu sesuasu sekali! Tipe-tipe musik elektronik yang meski nggak asyik dibuat geleng-geleng, tapi asyik dibuat angguk-angguk. Kalo di ‘Without You’, hal yang bisa bikin ane jatuh cinta ama ini lagu adalah adanya suara gitar listrik yang begitu kental juga abang Jaehyun beserta suara dan bisep seksinya! Ada suara instrumen musik yang dimainin! Karena jujur ane udah eneg ama musik-musik EDM yang so electronic.

Lagu Without You yang mamerin kemampuan vocal NCT, sama lagu The 7th Sense yang ngasih vibe baru yang nendang ditambah dance yang kece pula, ane rasa nggak salah kalo NCT milih kedua lagu ini buat dijadiin lagu debut. Dua lagu ini juga jadi favorit ane.

 

Hitungan bulan kemudian, kabar berhembus kalo NCT bakal comeback. Tapi kali ini bukan NCT U. Melainkan sub-unit baru yang bernama NCT 127. Angka 127 konon katanya melambangkan titik koordinat kota Seoul sendiri, jadi akdang sub-unit ini juga disebut ‘unit Seoul’.

Di NCT 127 ini udah keliatan konsep gonta-ganti membernya NCT. Ten ilang. Si Yuta ama Winwin masuk.

Dari teasers mereka, ane udah menerka-nerka kalo comeback kali ini bakal … aneh? Hm. Gak tau juga sih. Pokoknya pas liat teasers-nya doang ane udah bisa memprediksi kalo lagu mereka bakal kurang sreg di telinga ane.

Bener aja. Comeback Fire Truck kemaren bikin ane gagal paham.

Ini lagu apaan coba?

Kok gini amat sih ni lagu?

This is so fkin weird! Don’t like!

Kalo kata Kris mah, “It’s not my style.”

Kecuali abang Jaehyun dengan rambut hitamnya yang uwuwuwuwuwu itu.

 

Setelah dikecewain sama comeback NCT127 yang menurut ane flop, NCT lagi-lagi kambek dengan unit baru mereka; NCT Dream. Mark tercatat sebagai member paling eksis karena dari ketiga sub-unit NCT sejauh ini doi nongol terus. Semoga kamu nggak kecapekan ya, Mark.

 

 

Buat NCT Dream sendiri, ane nggak mau buang-buang waktu buat nge-stalk mereka. Karena apa? Karena ane nggak suka NCT Dream. Alasannya? MEREKA MASIH BOCAH. Padahal ane kan demennya yang lebih tua dari ane. Hahahaha. Nampaknya SM bener-bener ambisius untuk menaklukan pasar. Debutnya NCT Dream bisa dibilang salah satu usaha SM buat membidik pangsa pasar bocah-bocah SD atau TK yang diiming-imingi oppars yang nggak kalah kiyowonya.

Jadi yaaaa fix ane buta soal NCT Dream. Don’t ever ask me about NCT Dream because I know hell of nothing.

 

Balik ke NCT 127 lagi. Akhirnya mereka kambek lagi dengan Limitless dimana YALORD AKHIRNYA JHONNY SEO ENGKAU DEBUTKAN JUGAAAAAAAAAA.

 

 

Awalnya ane pikir, Limitless ini jatohnya bakal sejenis Fire Truck yang flop (imo). Ternyata DUGAAN ANE SALAH BESAR! Ane langsung jatuh hati sama Jung Jaehyun dan Jhonny Seo Limitless ini! Lagi-lagi NCT 127 mengusung EDM dan di Limitless kali ini ketambahan bass yang lagi-lagi (pula), nggak kalah nendang. Belom lagi suaranya Jaehyun yang begitu noticeable.

Ane bener-bener berterimakasih sama tim produksi karena kambek Limitless ini. Sama sekali tidak mengecewakan! Meski kalo liat mereka ane bawaannya pengen ketawa karena outfit plus rambut mereka yang jenaka itu. LOL.

Dan kambek NCT 127 (lagi) dengan Cherry Bomb baru-baru ini menjadi tanda bahwa NCT 127 adalah sub-unit terlaris dengan jumlah kambek terbanyak. Dimulai dari teaser mereka, ane lagi-lagi harus mewanti-wanti kalo kambek kali ini bakal ‘aneh’ lagi. Agak mulai kecewa gitu soalnya Limitless keren gilak jadi semacem nggak terima aja kalo kambek kali ini bakal nge-flop kayak Fire Truck.

Akhirnya waktu teaser video pertama keluar, ane jadi demen. Bukan demen secara keseluruhan karena teaser-nya begitu keren. Di mata ane teaser-nya tetep aneh. Tapi yang ngebuat ane demen adalah rap-nya Mark di akhir video teaser yang so catchy.

Harus ane akui kalo gaya rap-nya Mark ini beda dari kebanyakan idol-rapper di SM. Mark ini punya ciri khasnya sendiri dan kayak ‘bukan SM banget’. Tapi justru di situlah letak kerennya dia. SM beruntung punya dan nemu Mark, si Randy Martin KW ini. Ikutnya Mark di School Rapper dan banyaknya pengakuan yang doi dapet di acara itu ngebuat ane seneng dan yakin plus bangga. Mark is not like the other idol-rapper at SM. He has his own style which is great and quite rare in SM.

Begitu MV Cherry Bomb keluar … aaaahhhhh, lagi-lagi EDM :””””)

Campur-aduk sebenernya perasaan ane buat kambek Cheery Bomb ini. Yah, lagunya bukan ane sih. Tapi nggak mengecewakan banget macem Fire Truck. Tapi juga nggak bagus-bagus amat kecuali bagian Jaehyun nyanyi dan rap-nya Mark. Jadi gimana yaaa? Cherry Bomb ini menurut ane sih, lebih baik daripada Fire Truck tapi masih kalah dari Limitless.

 

 

Overall, kalo dicermati lagi, ane berkesimpulan kalo NCT ini punya genre mereka sendiri. Terutama NCT 127. Lagu-lagu mereka tuh kayak punya warna dan khasnya sendiri yang ‘NCT 127 banget’. Mungkin ini juga karena nama mereka yang ‘harus gitu ya, Neo Cultural Technology banget?’ jadinya lagu-lagu atau musik mereka tuh punya kesan dan warna tersendiri. Gitu? Yah, ini keren sih. Sama kayak INFINITE yang lagu-lagunya tuh INFINITE banget. Atau SHINee yang lagu-lagunya juga SHINee banget.

Tapi nih kabarnya, sejauh tiga sub-unit debut, ka-bar-nya … belum semua member NCT debut. Jangan lupakan Hansol dan Kun, ya Nak. Belom lagi belakangan ini santer kedenger kabar kalo eyang Sooman mau buka cabang SM di Indo bahkan debutin boysgroup di Indo.

Apa?!

Jadi konsep NCT ini bisa dibilang hampir semuanya mirip sama 48Fam kalo misal itu kejadian, dong? Kan AKB48 udah punya sister-group di Indo, JKT48. Lah ini NCT juga (kabarnya) mau debut di Indo pula. Brother-group dong jadinya? XD Hmmm, atau mungkin bisa jadi ini salah satu strategi SM dalam rangka menguasai dunia. Mungkin aja debutin boiben di Indo itu cuma langkah awal sebelum NCT-NCT lainnya di berbagai penjuru dunia mulai menampakkan diri. HMMMMM.

Tapi di tengah-tengah kabar burung itu, juga teriakan-teriakan para fans yang menuntut debutnya Hansol-Kun, juga Lucas ama Jungwoo kalo perlu, serta rumor keluarnya Hansol karena nggak debut-debut … bisakah kita mengheningkan cipta sejenak untuk meminta pada para petinggi SM supaya NCT U dikambekin lagi juseyooooo? Juga tolong itu abang Hansol ama Kun segera diperlihatkan penampakannya sebelum mereka bangkotan. Ane pengen lagu sejenis Without You keluar lagi. Pengen liat sisi ballad atau sisi yang nunjukin vokalnya anak-anak NCT.

Selain itu Ten butuh kambek sehabis rilis lagu di SM Station yang pada kenyataannya, itu cuma ‘lagu’ yang liriknya diulang-ulang dan itu-itu aja dan lebih fokus ke dance-nya Ten. Hahahaha.

Pada akhirnya, berapa member pasti NCT atau berapa banyak sub-unit NCT sendiri kita nggak bisa nebak. Hahahahaha. Berharapnya sih, NCT ga bakal jadi “SM’s flop“. Semoga nggak karena fanbase mereka belakangan makin besar juga. Semoga yang belom debut cepet didebutin karena buat apa disembunyiin? Perasaan aja kalo disembunyiin bikin sakit ujung-ujungnya. Dan semoga NCT berani coba genre lagu laen.

 

17 Juni 2017, masih di atas kasur

Len, yang kecantol di kancing kedua kemejanya abang Jaehyun dan Jhonny

 

Advertisements

Speak up now!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s