Captain's Talk

Bye K, M (L?!)

 

Sebagai salah satu manusia yang berkubang di dunia perfandoman yang fana penuh delusi yang kemudian lebih dikenal khalayak dengan nama “Kpop”, ane termasuk salah satu manusia yang mengikuti lahirnya EXO. Mulai dari fetus, janin(?), bayi(?), nugu, ampe jadi kayak sekarang ini. Kalo dibilang ane tumbuh bersama EXO … rasanya kurang sreg tapi sreg-in aja.

Karena udah ngikutin EXO dari jaman orok, udah pasti ane juga jadi saksi berbagai macam prahara yang menimpa boyband besutan SM satu ini. Mulai dari yang dicap junior kurang ajar, yang fans-fansnya juga kurang ajar dan ekstrim (ampe sekarang masih ada), hal-hal kecil kayak gitu sampe hal-hal besar sebut aja kayak rontoknya member, rumor pacaran, dan lainnya.

Sedikit flashback yang kayaknya bakal susah dilupain dan ane seneng-seneng aja buat nyeritain ini ke para junior di dunia fandom kpop dan anak-cucu nanti.

Dulu nih ya, EXO tuh ada dua belas. Buat kalian-kalian anak baru di dunia perfandoman Kpop, terutama fandom EXO-L, BACA BAEK-BAEK NIH! EXO ITU DULUNYA ADA DUA BELAS. DUA-BELAS. 12. INGET ITU! Yang kemudian dibagi jadi dua tim dengan anggota masing-masing enam member, dan dinamakan EXO-K dan EXO-M. Mewakili target SM akan main domain(?) untuk meraup pundi-pundi dari para fans, yaitu Korea dan Mandarin.

Eh tapi baru juga dua tahun debut, membernya udah rontok satu. Nggak tanggung-tanggung, yang rontok itu bukan member yang jarang dapet spotlight. Yang rontok pertama kali itu malah leader dari EXO-M. LEADER WOYYY! LEADERRRRRR! SATU-SATUNYA ORANG YANG CAS CIS CUS KALO NGOMONG BAHASA INGGRIS!

Eh tapi baru juga tur konser dunia kelar, membernya lagi-lagi rontok satu juga. Mana yang rontok sama-sama tiongkok lagi. Hadeh, pepatah ‘barang buatan cina biasanya ga awet’ kayaknya berlaku deh.

Eh tapi lagi-lagi, baru aja comeback, comeback album repackage membernya rontok satu lagi. Asli tiongkok lagi yang rontok.

Ngenes amat sih nasib lu, EXO.

Ada apa dengan member tiongkok dan SM?!

Yah, kemudian formasi delapansembilan member itulah yang masih eksis ampe sekarang. Iya, ampe sekarang. Soalnya nggak tau juga kalo-kalo di masa depan ada member tiongkok yang mau meranggas /ditabok/

Tapi meski sisa member tiongkoka tinggal sebiji, SM nampaknya masih stick ama konsep awal EXO yang rutin ngeluarin album dalam dua bahasa—korea dan tiongkok—dan juga dalam berbagai versi yang bikin kantong para fans menjerit tak terima. Tapi, lagi-lagi, meskipun gitu rasa-rasanya batas-batas fana antara EXO-K dan EXO-M makin kabur dan nggak guna aja.

Ya EXO-K mah enak, masih utuh enam ekor. Lah kalo EXO-M? Tinggal separuhnya aja! Bahkan formasi legendaris di awal lagu Overdose aja, anak EXO-M harus nyewa anak EXO-K. See? Sudah lihat ketimpangannya?

Ane juga mikir, “Buat apa sih, masih ada eksoka-eksoem kayak gitu? Orang member tiongkoknya juga tinggal sebiji doang! Ngaruh apa emangnya?”

Iya kan? M di EXO itu mewakili kata ‘Mandarin’. Merepresentasikan bukan cuma lagu-lagunya aja yang pake bahasa mandarin, tapi juga membernya, kultur yang dibawa oleh member asli mandarin ini. Ditambah lagi, EXO ini sejauh pengamatan ane, tergolong sebagai grup dengan anggota mandarin terbanyak sebelum bubar atau dalam formasi utuh OT12.

Nah kalo tiga member asli tiongkoknya udah copot dan menyisakan satu biji member doang, rasanya nggak ngefek gitu. Kayak elu berusaha buat bikin warna ijo dari campuran warna biru ama kuning. Kalo warna kuning yang lu pake cuma setitik sementara warna birunya segelas, mana bisa jadi ijo?

 

Hingga kemudian, ada berita mengejutkan di lini masa twitter ane.

EXO comeback judulnya Kokobop (tapi ane bacanya malah kokop, robokop, kobok)

Bukan itu.

EXO tetiba punya akun twitter resmi.

Iya, itu mengejutkan. Tapi bukan itu.

SM akhirnya memutuskan buat ngehapus akun weibo dan fanpage EXO-K ama EXO-M, karena mulai sekarang EXO akan promo sebagai satu-kesatuan.

Yang pertama lewat di pikiran ane … Lah, emang selama ini EXO bukan satu-kesatuan apa? Jadi selama ini “we are one” itu cuma doktrin agar fans berdelusi? Slogan penuh bullshit gitu? Kalo cuma karena dulu jalan sebagai K dan M terus ga dibilang sebagai satu-kesatuan kok kayak gimana gitu ya? Mungkin dia butuh pendidikan kewarganegaraan. Dia siapa? Nggak tau juga. Pokoknya dia.

Pas denger berita itu kaget sih. Tapi ada … apa ya? Lega, seneng? Semacam itulah.

Ya lega ama seneng karena kayak apa yang ane tulis di atas tadi. Buat apa lu masih pake embel-embel EXO-M EXO-K kalo nyatanya member tiongkok lu banyak yang rontok gitu? Unfaedah sekali.

Eh, emang masih ada ya member tiongkoknya? /dihajar massa/

Ohiya, masih ada satu ya? Yang suka kabur-kaburan ke kampung halaman itu ya? Yang nampaknya everyday he stray further from the group itu ya? Maaf, lupa. Keseringan maen solo sih XD

Tapi ada perih-perihnya juga.

Soalnya yaaaa gimana yaaa … OT12 gitu. Yang OT12 pasti tau gimana rasanya. Hmmm yaaaa soalnya pasti di akun weibo dan fanpage itu ada banyak kenang-kenangan akan OT12 :””””) Pasti ada foto-foto mereka, jejak-jejak jadwal mereka pas masih utuh, dan sebangsanya. Dan saat dihadapkan pada kenyataan kalo itu semua bakal menghilang tuh rasanya ………. /sigh/

But yeah, mau gimana lagi? That’s the ugly truth that we have to face. EXO-K and EXO-M are no longer exist. TT

TAPI EXO OT12 TETAP DI HATI! HEEEYYAAAA!!

 

Baru selang sehari-dua hari setelah itu berita keluar, baru ane kepikiran.

Harusnya nama fandom juga diganti kan ya?

As we know, nama fandom EXO itu EXO-L. Mirip kayak nama minuman, juga kedengeran kayak nama minuman berenergi, atau perusahaan oli. Lebih mirip sub-grup juga sih. Iya, grup yang isinya sekumpulan fans dengan tingkat delusi bervariasi yang mengidolakan orang yang bisa saja sama dan berujung pada perdebatan tingkat kusir yang retjeh sangat.

Dan kita tahu kalo nama EXO-L itu dipilih selain huruf L itu mewakili ‘Love’ yang nantinya kalo ditelaah artinya bakal jadi ‘EXO’s love’ atau cintanya EXO Iya nak, EXO cinta sama duitmu kok. Tapi huruf L juga dipilih karena posisinya yang diapit sama huruf K dan M yang melambangkan sub-grup EXO sendiri.

Nah tapi kan, katanya EXO-K ama EXO-M dihapus. Jadi apalah makna EXO-L ini?? Maknanya berkurang satu tapi itu sudah sangat mengurangi makna keseluruhan vroh! Apalah EXO-L kalo K ama M-nya EXO dihapus?

Ya, ya, mungkin kedengeran ngaco. Kalo emang buat kalian ngaco, anggep aja ini semacam provokasi supaya nama fandom diganti karena masih nggak terima nama fandomnya EXO-L. Isn’t it too basic? Or is it just me? Kalo tetangga sebelah aja bisa ganti nama ama logo, kenapa kita nggak bisa ganti nama fandom? #justsaying

 

Dadah K, dadah M dadah L…..

 

12 Juli 2017

Di samping hape,

Len yang sedang giat cari wangsit dan duit

Advertisements

4 thoughts on “Bye K, M (L?!)”

  1. Ih yaampun kak len aku jugaaa bisa dibilang tumbuh bersama exo. Mulai yg masih dianggep bebi2 sampe fansnya udah kayak kacang goreng :” tapi semenjak mereka satu persatu rontok dan lain sebagainya aku gak kuat. Sakit atii banget ama gatau siapa 😦 rasanya kayak dikhianati pacar wkwk abis itu terus perlahan menjauh…paling cuma dengerin lagu-lagunya randomly. Kangen gue kak jaman2nya exo dulu kangen nontonin mereka ot12 huhu :” gapapalah ya, semoga bisa kembali jadi fans exo yang berdedikasi 😂 mau apapun nama fandomnya.
    ((Maap kak len jadi curcol abisnya baper huhu))

    Liked by 1 person

Speak up now!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s