Captain's Talk

Battle of Survival Show, Mix Nine or The Unit?

Wah, lama banget ya ini blog ga diisi ampe penuh jaring laba-laba begini, hahahaha. Kali ini ane balik lagi, berusaha membangkitkan blog ini sebelum mati suri lebih lama dengan sedikit ngomentarin soal dua survival show yang lagi jadi buah bibir di Korea dan pecinta Kpop tentunya.

So far ane ngikutin Kpop, ane rasa tren survival show kayak gini buat bikin grup baru itu dimulai dari YG dengan BIGBANG Documentary (bener nggak sih?) terus Who Is Next-nya. CMIIW gaes. Habis itu mulai bermunculan survival show yang lain. Kayak Mix & Match, No Mercy, Sixteen, 24Boys(?), PD101 musim satu dan dua, Idol School Project, dsb. Silahkan tambahain kalo ada yang kurang dan CMIIW lagi gaes. (Bisa nggak sih Seveteen Project itu dimasukin ke acara survival show macem begini?)

 

 

Makin kesini, bisa dilihat kalo lama-lama orang Korea tuh suka acara beginian. Keliatan dari rating-rating acara survival yang selalu tinggi. Kasarnya sih, mereka suka liat para trainee ini saling “berperang” demi sebuah debut. Termasuk kamu yang suka ama acara beginian juga. Hmmm, kedenger rada kejem juga sih soalnya kita suka ngeliat para trainee itu dibawah tekanan dan “saling bunuh” demi bisa debut. Tapi kita nggak bisa ngelak kalo dunia hiburan Korea itu emang keras banget. Kalo elu udah lama ngikutin Kpop, lu pasti udah tau gimana busuknya Kpop, sisi-sisi kelamnya, and such.

Alasan lain kenapa kita bisa suka sama acara survival adalah selain kita seneng liat orang lain menderita karena kesuksesan grup-grup jebolan acara survival ini sendiri. Sebut aja WINNER, IKON, MONSTA X (THEY DESERVE MORE ATTENTION SINCE THEY’RE QUITE UNDERRATED DUH), TWICE, I.O.I, Wanna One. Bisa dibilang ikut program ginian itu juga merupakan salah satu langkah yang bagus supaya mereka bisa menarik perhatian publik. Teknik marketing yang cakep. Apalagi sejak suksesnya PD101 musim kedua dan grup besutannya, Wanna One, acara survival makin digandrungi.

Buktinya, mulai akhir bulan Oktober kemarin udah ada dua acara survival baru; The Unit dan Mix Nine. Satunya di KBS, satunya lagi di JTBC dan made in YG Ent. Dan dua-duanya ini punya peserta yang SUPER B A N Y A K. Ngalahin PD101 lho gaessss!

Buat The Unit, acara ini semacam rebooting idol. Jadi idols yang udah debut bakal dikasih kesempatan kedua buat debut di grup yang baru lewat acara survival ini. Kemungkinan besar kalo menurut ane, The Unit ini terinspirasi dari ikutnya NU’EST di PD101 musim kedua dimana keikutsertaan mereka di PD101 musim kedua awal-awalnya cukup mengundang kontroversi karena mereka udah debut. Tapi tak disangka, justru berkat PD101-2 ini NU’EST jadi lebih dikenal. Bener-bener titik balik buat NU’EST.

Mungkin dari situ tim kreatif The Unit mikir, “Gimana ya kalo idol-idol yang udah debut itu kita audisi terus kita adu lagi, kita kasih kesempatan kedua buat debut di grup yang baru? Kayaknya seru tuh!” Kalo ane secara personal nggak bisa bilang nggak setuju sama acara ini. Penggemar Kpop pasti tahu kalo persaingan dunia idol Kpop itu sengit panas dan ganas. Dalam setahun ada berapa banyak grup yang debut? Tapi berapa banyak yang bertahan? Ada berapa banyak orang-orang yang sebenernya punya skill tapi harus say goodbye sama dunia idol karena satu-dua faktor yang cukup umum? Kayak masalah finansial misalnya.

 

 

Serius gaes, sebagai fans Kpop veteran tapi bukan militan, ane tahu kalo ada grup-grup yang sebenernya tuh bagus, punya skill mumpuni, tapi karena underrated mereka jadi jalan di tempat atau bubar jalan grak. So I think The Unit is such a good program to rebooting those idols.

Belum lagi jajaran juri The Unit yang “fans Kpop mana sih yang nggak tahu mereka?” Mayoritas dari juri The Unit ini bisa dibilang baru pertama kali jadi juri dan justru itu ngasih aura segar ke acara ini. Sebut aja Taemin SHINee yang kok semakin terlihat dewasa dan tamvan bin vangsat, terus om Rain yang baru aja jadi bapak, Jo Hyun-ah Urban Zakapa, HyunA eks 4minute, Hwang Chi-yeol. Kalo San-E mah udah pernah nongol jadi juri di No Mercy XD

Yang unik dari The Unit, selain pesertanya yang bukan trainee kayak survival show kebanyakan, yaitu dari awal audiens juga berperan buat nentuin lolos enggaknya idol yang ikutan audisi ini. Jadi nanti para audiens bakal kasih vote buat idol yang tampil. Itungannya ane nggak hafal sih, tapi nanti tiap berapa persen vote dari audiens dihitung sebagai ‘satu boot’. Kalo nanti ada idol yang dapet ‘super boot’ alias enam boot dari audiens, dia udah pasti lolos audisi dan bakal lanjut. Tapi kalo misal nggak dapet, idol ini nanti bakal dapet penilaian ulang dari juri dan satu juri menyumbang satu boot. Dan kalo misal keenam juri ngasih boot, idol ini dapet ‘all boot’.

Spoiler dikit nih buat yang belum liat The Unit, sejauh dua episode yang ane ikutin, baru ada dua peserta yang dapet super boot. Si Jun U-KISS ama Ahreum eks T-ARA. Dan jujur, ane lebih suka kalo ada yang dapet super boot daripada all boot. Karena apa? Karena kalo dapet super boot itu entar panggungnya ada efek lighting warna-warni pelangi gitu. Hahahahaha.

Dari The Unit ini, ane jamin kalian bakal nggak nyangka sama nama-nama yang bakalan muncul. Apalagi kalo kalian ini udah ngikutin kpop dari jaman baheula. Yah, paling nggak jaman-jaman SJ masih bertigabelas lah.

Cuma yang ane kurang sreg dari acara ini adalah … The Unit ini acara buat rebooting idol kan? Mereka yang udah debu bakal ‘bunuh-bunuhan’ supaya bisa debut lagi kan? Terus kenapa ada aktor di acara ini? No offense guys, menurut ane si aktor ini skill buat jadi idol (nari, nyanyi) ini tuh KURANG BANGET. Parah dah. Tapi WHY KOK BISA LOLOS?! Iyasih, si aktor ini emang menggemaskan ta-tapi kan … The Unit ini program rebooting idol. Dan dia bukan idol. Dan dia skill-nya kurang banget.

Habis itu juga ada trainee cewek dari Cube. Tunggu, The Unit kan program rebooting idol, kenapa dia yang masih trainee bisa ikutan? Jangan lupa sama Hansol yang nggak didebut-debutin sama SM ampe akhirnya dia keluar dan ikut The Unit. Faktanya, meski Hansol digadang-gadang bakal masuk NCT dan pernah ikut di acara-acaranya NCT, Hansol ini belum debut secara resmi jadi statusnya masih trainee. Kok dia ikutan The Unit?

Kenapa di aktor, trainee dari Cube, ama Hansol ini nggak ikutan acara sebelah aja yang jelas-jelas diperuntukkan buat trainee?

Selain itu juga ada grup yang baru debut dalam hitungan bulan yang ikutan The Unit. Errrr iya, mereka udah debut jadi bisalah kalo mau di-reboot. Tapi apa itu nggak terlalu cepat? I mean, you guys just debuted like a few months ago. Gimana dengan mereka-mereka yang udah debut dalam hitungan tahun tapi masih underrated dan atau bahkan nggak ada gaungnya? Don’t they deserve more and better?

Tapi pertunjukkan sudah dimulai. Terlepas dari kontroversi-kontroversi di atas, nggak ada salahnya buat menikmati The Unit ini sambil ngemil dan sedia tisu kalo-kalo kokoro kalian yang lemah nggak kuat nontonnya.

 

Sedangkan Mix Nine konsepnya ini nggak jauh beda dari acara survival kebanyakan; mengadu trainees buat debut di satu grup. Cuma nantinya, dari 170 trainee bakal diambil masing-masing sembilan trainee cewek dan cowok. Dan Mix Nine ini ngambil trainee dari sekitar tujuh puluh agensi. Wow, bukan jumlah yang sedikit dan seketika ane keinget soal persaingan ketat dunia Kpop. Heuheuheu.

Buat kalian YG stan atau kalian yang pernah ngikutin program survival-nya YG (WIN ama Mix & Match), pasti udah paham sama gayanya YG yang keras dan kejam kalo masalah beginian. Dibilang nggak punya hati kayaknya pantes-pantes aja. Hahahaha.

Soalnya meski ane baru liat satu episode Mix Nine, tekanannya itu berasa banget! The Unit mah KALAH JAUH. Dari episode pertama udah keliatan gimana kerasnya persaingan. As expected from Papa YG. Seriusan man, Mix Nine ini kedepannya bakal kejem banget.

 

 

Penilaian Papa YG ama CL nggak main-main. Komentarnya juga nggak halus-halus tapi straight to the point and IT HURTS y’kno?! Kalo jelek dan nggak suka ya langsung bilang jelek dan nggak suka tanpa embel-embel apa gitu. Ditambah lagi keputusan-keputusan yang dibuat tuh nggak terduga banget! Dan itu tuh sering bikin ane mikir “Lho kok gini sih?” kedepannya juga ane yakin bakal ada banyak keputusan yang bikin kita mengerutkan dahi dan kontra sama keputusan itu. Tapi percayakan saja pada Papa YG. Hahahahaha.

Yang bikin ane rada yaahhhh … kecewa ama Papa YG adalah di acara ini tuh Papa YG terang-terangan bilang kalau beliau juga bakal ngasih perhatian lebih ke visual. Dan pas tahu ini, ane be like “Yah … kok gitu sih? Terus nanti yang bener-bener talented and skilled but minus in visual gimana dong?” soalnya kan selama ini YG terkenal sebagai agensi yang “I don’t give a shit about you visual. But as long as you have talent and skill, welcome to the club”, terus sekarang mentingin visual juga. Rada kecewa sih, tapi yaaa … percayakan pada Papa YG. Hahahahaha.

Yang bikin kaget (lagi) adalah waktu ada grup yang udah debut malah ikutan acara ini. Duh Nak, kamu kayaknya keliru ikut acara deh. Ini kok bisa ketuker-tuker gini sih? Di acara yang harusnya buat idol yang udah debut malah ada trainee. Terus di acara yang khusus trainee malah ada grup yang udah debut. Terus iki karepe piye? Tapi yah, pertunjukkan sudah berjalan, semua udah kejadian, jadi percuma aja sini mau protes ampe mulut berbusa. Udah, duduk aja yang manis dan nikmati acaranya.

Ane baru nonton Mix Nine satu episode, tapi udah yakin kalo ane bakal ngikutin acara satu ini selain ngikutin The Unit. Dua-duanya worth it buat ditonton.

Advertisements

1 thought on “Battle of Survival Show, Mix Nine or The Unit?”

Speak up now!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s