Captain's Review

[Webtoon Review] LOOKISM, A Must-Read Webtoon (Yang doyan cogan MASUK!)

11933388_1916204991937012_6736795575682584467_n

8cdcae36ca047450621850b87fb35217abc60955_hq

 

 

Sebutlah ane kamvret atau kurang ajar, ane lebih suka buat nyebut ini sebagai ‘memanfaatkan peluang dengan baik’. Berlandaskan asas manfaat yang ane junjung amat tinggi di kehidupan yang rasa-rasanya makin pelik aja ane berusaha memanfaatn wi-fi di tempat kerja dengan sebaik-baiknya. Sebut saja browsing gaje buat riset fanfic, buat nugas, dunlut film/album/anime, baca-baca fanfic, dan baru-baru ini ane nemuin kesenangan baru selain berkeliaran di 9GAG.

Yaitu

Baca Webtoon. XD XD XD XD XD XD XD

Yaaa meski belom punya LINE, tapi tetep bisa baca kan?

Belom ada seminggu tapi ane udah namatin beberapa webtoon. Dua webtoon tamat udah ane baca, tiga webtoon nungguin update, dua webtoon ane irit-irit bacanya soalnya males nungguin update. Dan masih ada banyak webtoon yang harus ane jelajahi.

Ane nggak pernah berkelana ke genre romance di webtoon, fyi.

Dan dimari ane mau ngomongin soal salah satu webtoon yang ane irit-irit bacanya. Judulnya LOOKISM.

Sejatinya, cerita di webtoon satu ini sederhana banget. Juga menyentil kehidupan sosial di Korea Selatan yang masyarakatnya cenderung buat melihat segala sesuatunya dari penampilan. Sesuai judulnya, lookism berarti suatu penilaian soal penampilan dan daya tarik dari orang-orang terhadap satu individu. Apakah individu itu menemui standar mereka atau nggak? Semacam itulah. Kalo lo punya tampang di bawah standar, hidup lo bakal di cap ‘sulit’. Tapi kalo lo punya tampang di atas rata-rata … yakin idup lo bakal gampang?

Kira-kira gitu gambaran isi webtoon ini.

Fyi, webtoon ini ratingnya 17+. Bukan apa-apa sih, tapi ada beberapa adegan yang emang ga sepantasnya dilihat anak dibawah 17 tahun kebawah. Di webtoon ini ada adegan dimana menampilkan pakaian-pakaian yang mini, minum-minuman keras, merokok, dan kekerasan. (Hayooo, mabok ama ngerokok itu udah kena rating 17+ lho! Bisa masuk rating M juga. Gimana kabar kamu yang selama ini nulis fanfic? XD Udah sesuaikah ratingnya? XD )

Balik ke webtoon.

Webtoon ini nyeritain Park Hyungseok. Anak yang gendut, pendek, pinter juga nggak, menarik kagak, korban bully, melarat pula. Beuh, kejam amat hidup sama kamu, Nak. Hyungseok ini ditindas habis-habisan di sekolahnya. Pengen pindah sekolah, tapi nggak punya duit. Jadi yaaa dia cuma bisa pasrah.

Hingga akhirnya emaknya Hyungseok dateng ke sekolah dan liat anaknya di-bully. Kamvretnya, pas emaknya Hyungseok ini belain Hyungseok, Hyungseok justru bentak emaknya pake kata kasar dan belain yang bully dia.

Hmmmm.

Tapi pada akhirnya Hyungseok nyesel udah bentak ibunya. Dan malemnya, ibunya bilang (lebih tepatnya nyuruh) Hyungseok buat pindah sekolah. Ya jelas lah yaaaaa, ortu mana yang tega suruh anaknya tetep berangkat ke sekolah kalo di bully macem gitu? Bully fisik iya, bully verbal iya. Duh.

Singkat cerita, Hyungseok pindah sekolah juga.

Tapi!

Tapi keanehan mulai terjadi waktu Hyungseok bangun tidur terus dia bangun di tubuh lain dan lihat dirinya sendiri tidur! Jadi si Hyungseok ini bangun di tubuh lain, yang jauuuuuuuuhhhhhhhhhhhh banget bedanya sama tubuh aslinya. Tubuh barunya ini tinggi, tegap, berotot, wajah tamvan, pokoknya beda banget deh sama tubuh aslinya. Jadi cara kerja tubuh baru ini, kalo tubuh barunya terjaga, tubuh aslinya tidur. Pun sebaliknya.

Nah, disinilah cerita dimulai.

 

 

Serius. Ini webtoon recommended banget. IT’S A MUST-READ WEBTOON! Selain bertabur cogan, ada banyak pesan moral yang bisa diambil dari webtoon satu ini. Webtoon satu ini juga sarat akan sindiran sosial. Mungkin nantinya yang baca akan tersentil, muehehehehe. XD Ane juga XD

Mungkin yang nggak begitu suka adegan kekerasan yang mengganggu bakal sedikit risih pas baca webtoon ini. Karena topik utama webtoon ini emang soal bully, dimana di Korea sana (kayaknya) udah jadi hal lumrah. Terlepas dari bener atau nggaknya kejadian bully yang ditampilkan di webtoon ini, ane percaya 50-50. Soalnya kalo kejadian bener, ngeri amat ._. Tapi di Korea kejadian bully ampe nyiksa dan bikin anak mau bunuh diri kan emang beneran ada. Jadi … aduh, gimana ya jadinya? Intinya … STOP BULLYING! Bully itu ngeri man.

Art webtoon ini juga nggak mengecewakan. Bagus malah. Gambar komik, tapi rada-rada realis gitu alirannya.

Cerita yang panjang biasanya ngebosenin. Tapi webtoon ini nggak. Oke, visual oke dari para cogan yang tampil dimari anggep aja bonus. Tapi serius! Cerita webtoon ini tuh DEWA! >.< Alurnya di beberapa bagian terasa lambat, tapi yang bikin berhasil meramunya jadi nggak ngebosenin. Humor yang diselipin juga nggak melempem atau kriuk-krenyes. Dan yang paling seru itu waktu ternyata, tokoh-tokoh yang ada di dalem webtoon ini diam-diam saling berkaitan. Nggak cuma soal bully atau berantem aja. Ugh, seru banget deh!

Selain itu, karakter-karakter yang ada dimari tuh ‘hidup’.

Ada Hyungseok, yang meski dapet tubuh baru yang kece tapi dia nggak kehilangan jati dirinya. Dia masih ramah, inget emak, sayang emak, nggak sombong, rajin menabung.

Ada Jaeyeol a.k.a Jay Yeol, abang berambut pirang yang nggak pernah ngomong macem Limbad. Yang matanya nggak pernah keliatan. Yang pendiem tapi diem-diem perhatian. Yang mencuri hatiku. Yang ngasih “I’m so gay for Hyungseokvibe di setiap cerita. Yang uwuwuwuwuw(?) sekali.

Ada Zin, yang meski berandal tapi punya sisi baik juga. Meski preman, tapi dia alay dan manja juga. Meski ganteng dan bisa gaet cewek sana-sini tapi tetep setia sama pacarnya.

Ada Vasko a.k.a Euntae Lee. Si pemimpin Burn Knuckle, geng kelas satu jurusan arsitek di sekolah yang punya banyak tato dan nyeremin. Tapi aslinya doi ini berhati Hello Kitty dan doyan minum susu daripada minum alkohol XD

Ada Janghyun, satu-satunya cowok di kelas kecantikan yang jarang nongol. Sekalinya nongol di festival sekolah, dia nggak pernah bener motong rambut tapi selalu rame pelanggan.

Ada Deokhwa, yang meski diejek ‘babi’ karena fisiknya nggak jauh beda kayak Hyunseok versi asli tapi dia cuek dan tetep berjuang dan berkarya.

Dan lain-lain.

Pokoknya nggak bakal kecewa deh kalo baca ini webtoon.

 

 

Yang paling bikin kaget adalah … yang bikin webtoon!

Pas awal baca nama pengarangnya; Taejoon Park, ane biasa aja. Yaaaaa nama Park Taejoon itu nggak asing buat ane meski ane nggak pernah liat acara ‘Ulzzang Generation’, tapi ane tahu kalo ada ulzzang yang namanya Park Taejoon.

Yah, mungkin kesamaan nama aja. Di Korea nggak mungkin cuma ada satu Park Taejoon. Macem di Indonesia nggak mungkin ada satu Putri atau satu Asep.

Gitu pikir ane.

Tapi ternyata ane salah.

Park Taejoon yang bikin ini webtoon adalah Park Taejoon yang ulzzang itu!

INI LHO YANG BIKIN LOOKISM! Btw dia udah 31 tahun X"D
INI LHO YANG BIKIN LOOKISM!

 

OH MY F***ING GOD! O_________O

Kemudian ane browsing.

Park Taejoon. Ulzzang. Cakep. CEO dari Aboki online shopping mall, dia juga main model di Aboki (yajelaslahorangdiayangpunya), model juga, bisa nyanyi, dan dia juga kreator webtoon.

Y SO PERFECT?! T_T

Udah Mz, apalah daku yang cuma kentang? Apalah daku yang baru berupa remah-remah rengginang ini, Mz? :”)

Yang kepo gimana Mz Taejoon pas lagi ngegambar, cek dimari. Yang udah bisa play videonya bilang ke ane XD

http://tvcast.naver.com/v/565539

Terus ternyata … karakter-karakter di LOOKISM ini ada versi real life-nya! Alias, Park Taejoon si creator make orang asli buat referensinya! Gak percaya? Nih liat!

 

Hyungseok si pemeran utama dengan tubuh barunya. Terinspirasi dari Park Hyungseok yang juga ulzzang. Mirip gak? Btw style Hyungseok yang kartun kek Baekhyun pas Growl era ye? XD
Hyungseok si pemeran utama dengan tubuh barunya. Terinspirasi dari Park Hyungseok yang juga ulzzang. Mirip gak? Btw style Hyungseok yang kartun kek Baekhyun pas Growl era ye? XD

 

Mz Jaeyeol gak di webtoon gak di RL sama-sama kece. Aku padamu, Mz :") #kapanjaeyeolbanyaknongol
Mz Jaeyeol gak di webtoon gak di RL sama-sama kece. Aku padamu, Mz :”) #kapanjaeyeolbanyaknongol

 

Vasco, si badan sekuriti hati hello kitty. Mirip laahhh meski bahunya kurang lebar
Vasco, si badan sekuriti hati hello kitty. Mirip laahhh meski bahunya kurang lebar

 

Janghyun yang digambar berdasarkan Janghyun si ulzzang pula. Sama-sama unyuk
Janghyun yang digambar berdasarkan Janghyun si ulzzang pula. Sama-sama unyuk

 

Hoojin yang mirip ama Beenzino XD XD XD
Hoojin yang mirip ama Beenzino XD XD XD

 

Deokhwa sebagai Deokhwa. Kecean aslinya ya?
Deokhwa sebagai Deokhwa. Kecean aslinya ya?

 

Meski muncul di webtoon sebagai DG, ane langsung tahu kalo ini tuh GD! Dari gambar juga udah mirip, nama juga cuma dibalik doang XD
Meski muncul di webtoon sebagai DG, ane langsung tahu kalo ini tuh GD! Dari gambar juga udah mirip, nama juga cuma dibalik doang XD

 

Mz Kei jadi bejat :")
Mz Kei jadi bejat :”)

 

Nggak heran dan nggak berlebihan kalo ane sebut ini webtoon sebagai webtoon-nya ulzzang.

Nggak heran juga kenapa tokoh-tokoh di LOOKISM begitu sedap dipandang dan style mereka kece-kece. Lha wong referensinya aja langsung dari ulzzang! Dan mereka-mereka yang dipake itu kebanyakan temen-temennya Park Taejoon -___-

Udah, daripada ente semua bengong ampe jawdrop begitu mending langsung cusss aja buat baca ni webtoon 😉

 

BONUS

OST LOOKISM Ep 27, A Beautiful Day (Deokhwa ft. Hyungseok)

 

HYUNGSEOK JUGA BISA NYANYI! QAQ QAQ

Advertisements

9 thoughts on “[Webtoon Review] LOOKISM, A Must-Read Webtoon (Yang doyan cogan MASUK!)”

  1. Cerita2 yg bertebaran saat ini membuatku semakin wb saking bagusnya. Sedih huhu. Pdhal lagi byk project.
    Entahlah mgkin Krn aku lebih sering baca komik Jepang ketika baca lookism aku gak nyaman sama artinya dan ceritanya juga agak disturbing di awal.jadi tak tinggal dan aku balik2 lagi ke romance yg artinya aku suka. Iyaaa aku senista itu ,cerita bagus ga bagus tak tabrak aja asal gambarnya berkilauan.
    Ternyata lookism bagus ya, coba baca ah ntar.

    Like

    1. Udah semi-wb, paceklik ide, tugas numpuk, kerjaan juga. Kelar idup ane :v
      Hohohoho, komik Jepang emang kalo masalah visual menang XD
      Awal-awal baca Lookism ane juga agak “huh?”, “ini kok art-nya gini ya?”, tapi lama-lama dibaca … ceritanya menghanyutkan! T_T

      Recommended banget ini Kak!

      Like

  2. AKHHH KAK LEN BACA LOOKISM
    ULULU PUJA KERANG AJAIB ASTAGAH CIEEH TOONDERELLA JUGA
    Yeuu aku awalnya ama komik korea agak kurang sreg juga tapi astagah pas baca lookism ku langsung addict huweeeh
    cogan oppanya brasa banget 😘😘
    itu juga rekom bngt kak Spirit Fingers ❤❤
    Family over flower juga yeu ❤❤
    heung heung tapi lookism emang rekomen banget

    Liked by 1 person

    1. Duh, jangan disamaain ama Toonderella tapi :”

      Heh sama! Tapi setelah berkelana di webtoon, tak semua manhwa itu ga bagus. Manhwa juga bisa hebat kek manga! :*

      Pokoknya Jaeyeol di Lookism itu AKKHHHH! AKKKHHH! AKKHHH! AAKKKKK- /STOP LEN!/

      Itu genre-nya apa? Dua-duanya.
      Kalo romance ane lebih pilih mlipir ke genre laen dulu. Soale biasalah … kebanyakan romens tu romens menye-melow-cengeng XD XD

      Like

      1. ZIN PEHLIZ KU FALLING FALLING AMA DIA HUHUHU
        ahai iyaa banyak juga tu manhwa terjemahan penggemar yg blon resmi itu keren2 hueeeh..
        itu komedi kak tapi gambarnya emang agak nyeleneh tapi klo aku rekomenin deh /yg family over flower siap2 tersiksa liat gambar ciwi2nya/
        yg wind breaker juga bagus cem crita eyeshild 21 gitu tapi bedanya ini maen sepedaan ❤❤
        nyahaha kak len bikin review manga ato film dong /digampar tetiba request/

        Liked by 1 person

      2. GEMES AMA VASCO! Ngenes amat kamu Bang. Entah harus ngakak apa simpati tiap liat dia meneteskan air mata XD XD XD

        Oke. Besok (semoga) ane baca, kalo bisa XD

        Wind breaker jadi semacem Yowamushi Pedal dong?

        Manga-nya entaran deh. Jaman sekarang jarang ada manga yang menggugah hatiku /halah/
        Kalo film tunggu aja dah XD

        Like

      3. ELAH VASCO TATOAN SEREM GITU TAPI DALEMNYA ANJAY FLUFFY PINKEU PINKEU
        iya iya mrip malah aku pikir itu buatan jepang, bedanya itu cogan everywhere kekekeke

        Like

  3. Suer, barusan aku baca lukism episode 6, dan ternyata Len juga suka baca. Aku setuju bgt, Len!! Ceritanya gak drama yang menye2, ceritanya juga gak gampamg ketebak. Bahkan aku sampek gak bisa mikir endingnya gimana kalo tubuh yg prefect itu bakalan gak fungsi lagi, atau sebaliknya. Refrensi yg bagus, Len! Lagunya juga bagus!. Sumpah, iri bgt aku sama pembuat LOOKISM! Hidup dia gak modal tampang aja, tapi juga kekreatifitasannya.

    Liked by 1 person

Speak up now!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s